Budi Karya Minta Pertamina Sesuaikan Harga Avtur

Senin, 25 November 2019 - 21:04 WIB
Budi Karya Minta Pertamina Sesuaikan Harga Avtur
Budi Karya Minta Pertamina Sesuaikan Harga Avtur
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, akan melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait seperti Kementerian BUMN, Pertamina dan maskapai penerbangan untuk membahas harga avtur yang dinilai menjadi faktor utama mempengaruhi harga tiket pesawat.

"Kami ingin mengupayakan memberikan solusi bagi harga tiket pesawat melalui satu harga avtur yang lebih baik, mengingat angkutan Natal dan Tahun Baru nanti akan banyak masyarakat ingin berpergian dengan pesawat mengunjungi berbagai destinasi. Kami akan rapatkan dengan Kementerian BUMN, Pertamina dan stakeholder terkait membahas soal avtur," jelas Budi Karya di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Menhub mengatakan, industri penerbangan sangat tergantung dengan harga avtur. Adapun komponen biaya avtur disebut mendominasi hingga sekitar 40% dari struktur biaya operasional maskapai penerbangan.

"Dengan turunnya harga avtur, selanjutnya dapat dilakukan penyesuaian harga tarif tiket pesawat," katanya.

Menhub menargetkan harga avtur di Indonesia dengan harga avtur di negara lain seperti Singapura tidak berbeda jauh atau sekitar 15% sampai 20%. Kemudian, Menhub akan menentukan daerah-daerah yang menjadi tempat dimana harga avtur tidak terlalu tinggi.

"Saat ini katakan di Jakarta, harga avturnya beda 25% dengan Singapura, nantinya bedanya hanya menjadi 15% atau 20%. Kemudian kita akan tentukan kira-kira di beberapa titik daerah, harga avturnya tidak terlalu tinggi. Misalnya Bali, Kupang, Makassar, Jayapura, Palembang yang menjadi sub-hub, sehingga pesawat dapat menggunakan avtur yang ada di titik-titik tersebut," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5431 seconds (0.1#10.140)