alexametrics

Indef Prediksi Ekonomi Nasional Tumbuh 4,8% di 2020

loading...
Indef Prediksi Ekonomi Nasional Tumbuh 4,8% di 2020
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 tidak mencapai level 5%, dikarenakan tantangan besar eksternal.

Direktur Program Indef, Berly Martawardaya, mengkalkulasi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 4,8%. Angka ini lebih rendah dibandingkan target pemerintah sebesar 5,3%.

"Ancaman resesi global dan perang dagang yang tak berkesudahan menjadi beberapa penyebabnya. Indonesia tidak bisa menikmati pertumbuhan ekonomi di atas 5% seperti tahun 2018," ujar Berly di Jakarta, Selasa (26/11/2019).



Dia menilai kinerja ekspor yang menurun dan transmisi investasi yang tidak sederas 10 tahun lalu, membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melambat.

"Biasanya ada kenaikan investasi setelah Pemilu tetapi karena masalah perang dagang dan geopolitik, sepertinya akan sulit buat kita alami di tahun depan," jelasnya

Dia menambahkan konsumsi rumah tangga masih akan mendominasi terhadap kontribusi pertumbuhan ekonomi. Namun konsumsi yang saat ini masih rendah, akan semakin melemah sehingga membuat pertumbuhan ekonomi kedepannya akan sulit tercapai.

"Kita terdistorsi di invetasi dan di ekspor. Nah konsumsi ini akan melambat tetapi memang tidak separah di investasi dan ekspor. Dan distorsi di investasi dan ekspor akibat faktor global," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak