alexametrics

Ciputra Group, dari Properti hingga Dunia Seni

loading...
Ciputra Group, dari Properti hingga Dunia Seni
Ciputra Group termasuk entitas bisnis yang memiliki jejaring besar yang tak terbatas hanya di Indonesia. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Ciputra Group, didirikan oleh Dr (HC) Ir Ciputra beserta keluarga pada tahun 1981. Ciputra Group lantas berkembang menjadi salah satu pengembang paling terdiversifikasi dari segi produk, lokasi dan segmen pasar di Indonesia.

Grup usaha ini kemudian masuk bursa pada tahun 1994, dengan perusahaan induk PT Ciputra Development Tbk, serta dua anak perusahaannya yaitu PT Ciputra Surya Tbk dan PT Ciputra Property Tbk. Melalui kemitraan, kelompok ini kemudian merambah ke seluruh Indonesia hingga ke Asia, yaitu Vietnam, Kamboja dan China.(Baca Juga: Pendiri Ciputra Group, Ir Ciputra Meninggal Dunia di Singapura)
Ciputra Group tercatat sebagai salah satu perintis pembangunan berskala besar di Indonesia. Proyek pertama yang dikembangkan adalah CitraGarden City Jakarta (1981). Hingga kini, CitraGarden City telah diperluas dan menjadi sebuah kompleks perumahan modern yang berkelanjutan. Ciputra Group juga tercatat sebagai pengembang terdepan dalam mengantisipasi bandara baru Jakarta serta membangun Ciputra Mall dan Hotel dekat bandara.

Selama tiga dekade terakhir, Ciputra Group telah berhasil mengembangkan lebih dari 70 proyek perumahan di lebih dari 40 kota di Indonesia dan masih memiliki banyak proyek dalam persiapan maupun negosiasi. Dengan memilih lokasi yang strategis untuk pengembangan kota mandiri yang menggabungkan daerah pemukiman dengan pusat perbelanjaan, zona komersial dan industri, yang dilengkapi dengan transportasi dan komunikasi infrastruktur, pelayanan publik dan fasilitas mendukung yang diperlukan bagi penghuni.



Dimulai pada awal 1990-an, selain bisnis intinya di industri properti, Ciputra Group telah melakukan diversifikasi ke 11 industri. Jejaring bisnisnya mencakup pengembang skala kota, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, apartemen, pusat rekreasi, fasilitas olah raga, telekomunikasi, kesehatan, broker, media dan e-commerce.

Ciputra Group pun menegsakan komitmennyua untuk mendorong lahirnya entrepreneur baru bagi Indonesia melalui Universitas Ciputra. Universitas Ciputra terbilang lembaga akademis pertama yang berfokus pada pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship) di Indonesia. Seperti dilansir laman resmi grup bisnis tersebut, menyebarkan semangat entrepreneurship telah menjadi fokus CSR Group, juga mendukung seni di Indonesia melalui Ciputra Artpreneur.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak