alexametrics

Tips Menghadirkan Rak Penyimpanan Praktis dalam Ruang Terbatas

loading...
Tips Menghadirkan Rak Penyimpanan Praktis dalam Ruang Terbatas
Tips Menghadirkan Rak Penyimpanan Praktis dalam Ruang Terbatas. (Istimewa).
A+ A-
Butuh penyimpanan tambahan, tapi ruang yang tersedia sudah sangat terbatas? Cara yang bisa Anda lakukan adalah pintar mengakalinya dengan memanfaatkan area dinding.

Bagaimana untuk bisa mendapatkan sebanyak-banyaknya ruang simpan di rumah? Mungkin ini menjadi pertanyaan banyak orang yang memiliki rumah dengan ukuran terbatas. Menambahkan jumlah lemari atau laci susun tidak selamanya menjadi kunci untuk menyimpan beberapa benda kesayangan Anda.

Banyaknya lemari di rumah bisa membuat kesan rumah Anda menjadi terlihat sempit. Lalu, apakah ada cara lain untuk bisa menyimpan barang-barang koleksi sebagai hiasan rumah?



"Langkah pertama untuk bisa memberikan kesan lapang diruangan bisa menggunakan ambalan. Penggunaan lemari tertutup kadang bisa membuat ruang terlihat penuh. Ambalan dengan besi siku sebaga penyangga bisa menjadi rak dinding yang manis untuk menghias ruang keluarga dan ruang tamu," jelas desainer interior, Rina Renvil.

Bila Anda memiliki rak tinggi, namun jarak antara ambalan bawah dengan atasnya terlalu lebar? Rak seperti ini terlihat besar, namun hanya dapat menampung sedikit benda.

"Agar rak tersebut dapat menampung lebih banyak, gunakan saja boks atau kontainer, lalu tumpukkan sehingga daya tampung rak tersebut semakin lebih besar dan banyak," ungkap Rina.

Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan area dinding dibagian atas yang masih kosong, misalnya dinding diatas tempat tidur, meja makan, TV, sofa, atau kloset. Di area ini, Anda dapat menempatkan lemari gantung atau rak di sana.

"Tanpa memakan tempat, kita bisa menciptakan ruangan penyimpanan sekaligus hiasan yang mampu memberikan kesan berbeda di ruangan," jelas Rina.

Untuk Anda yang memiliki banyak perlengkapan memasak, lemari tipis di area dapur bisa menjadi tempat penyimpanan yang tepat. Lemari atau laci yang dijual dipasaran, umumnya memiliki ketebalan 40 sampai 60cm. Padahal kadang-kadang kita tidak membutuhkan penyimpanan setebal itu.

"Umumnya lemari yang dijual dipasaran memang diperuntukkan untuk ukuran ruang standar, jadi ketebalannya pun mengikuti. Baiknya untuk ruangan dengan kapasitas terbatas bisa menggunakan lemari tipis yang menempel dengan dinding," sebutnya.

Rina menambahkan, ketebalan lemari tipis idealnya hanya berkisar 20cm saja dan itu pun harus diperkuat dengan sanggahan besi. Biasanya lemari tipis ini juga bisa sebagai rak penyimpanan buku atau pajangan kecil lainnya.

Bagaimana, siap untuk mencoba membuat lemari penyimpanan yang pas dengan gaya hunian Anda? Selamat mencoba. (Aprilia S Andyna)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak