LPKR Kembangkan Ekosistem AI di Kawasan Lippo Village

Kamis, 28 November 2019 - 23:29 WIB
LPKR Kembangkan Ekosistem AI di Kawasan Lippo Village
LPKR Kembangkan Ekosistem AI di Kawasan Lippo Village
A A A
JAKARTA - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) berkolaborasi dengan SoftBank Corp asal Jepang, mengumumkan aliansi strategis untuk bekerja sama mengembangkan solusi ekosistem berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) di bidang real estate dan mobilitas di Indonesia.

Lippo Village di Karawaci merupakan lokasi prioritas untuk proyek ini, dengan rencana mengembangkan Lippo Village sebagai pusat aplikasi teknologi dan penelitian di Asia Tenggara.

"Kami akan menerapkan teknologi IoT melalui Smart Cluster Management dan Smart Traffic Management di Lippo Village," ujar CEO Lippo Karawaci, John Riady di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Smart Cluster Management menggunakan teknologi kamera canggih untuk pengenalan wajah para penghuni di dalam kendaraan dan juga memiliki kemampuan membaca plat nomor kendaraan bermotor warga, serta mengidentifikasi para pengunjung yang tidak dikenal.

Dengan smart CCTV, jumlah kendaraan yang masuk ke dalam kawasan bisa dihitung, serta saat yang sama, mampu mengidentifikasi dan membedakan jenis-jenis kendaraan. Diantaranya seperti sepeda motor, mobil, bus dan truk. Penerapan teknologi ini akan mendorong peningkatan manajemen lalu lintas dan memungkinkan arus lalu lintas yang lebih baik dan lebih lancar di waktu-waktu tertentu sepanjang hari.

Selain itu, kerja sama antara LPKR dan SoftBank akan menghadirkan platform analitikal baru yang didukung oleh AI dan Big Data yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan. Platform ini akan diperluas ke segmen mal, menggabungkan pemilik dan operator mal ritel terbesar dengan aplikasi teknologi inovatif yang disediakan SoftBank melalui teknologi IoT.

"Kerja sama ini akan memberikan pengalaman mutakhir bagi para pelanggan yang akan menghubungkan perilaku pengguna dengan penawaran dan penghargaan khusus di seluruh jaringan 51 mal yang dikelola oleh LPKR," tegas John.

Selain meningkatkan pengalaman pelanggan, teknologi ini memungkinkan mal dan toko-tokonya untuk memberikan penawaran yang berpusat pada pelanggan, yang akan memberikan pengalaman berbelanja yang unik. Selain itu, kerja sama tersebut akan mencakup Siloam Hospitals dalam penerapan pelayanan smart health.

Vice President and Head of Global Business Strategy Softbank, Hidebumi Kitahara, menambahkan SoftBank akan memperkenalkan wawasan teknologi canggih yang dimilikinya ke pusat perbelanjaan dan fasilitas komersial lainnya, rumah sakit, dan seluruh kawasan Lippo Village.

"Semuanya dalam rangka untuk mengembangkan Lippo Village sebagai contoh model kota cerdas di Asia Tenggara," paparnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)