Jamkrindo Dorong UMKM Manfaatkan Ekonomi Kreatif

Sabtu, 30 November 2019 - 04:27 WIB
Jamkrindo Dorong UMKM Manfaatkan Ekonomi Kreatif
Jamkrindo Dorong UMKM Manfaatkan Ekonomi Kreatif
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, pemanfaatan digitalisasi perlu dilakukan yakni dalam mendukung industri 4.0.

Deputi Pembiayaan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fadjar Hutomo, mengatakan menerapkan industri 4.0 merupakan langkah tepat dalam memajukan UMKM. Apalagi UMKM yang berbasis ekonomi kreatif.

"Digitalisasi 4.0 untuk dorong UMKM, jadi soal data harus kita selesaikan dengan baik," ujar Fadjar saat Seminar Strategi Penguatan Kapabilitas SDM UMKM yang digelar Jamkrindo di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Dia melanjutkan untuk mendorong UMKM dengan ekonomi kreatif yaitu dengan menciptakan nilai tambah serta meningkatkan branding di setiap produk.

"Kita sendiri bekerja agar kita memiliki produk national branding untuk mempermudah produk-produk kita," jelasnya.

Dia menambahkan untuk mendorong UMKM agar lebih naik kelas yakni bisa memanfaatkan ekonomi kreatif yang saat ini diterapkan oleh beberapa negara. Seperti Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan yang sukses meningkatkan ekonomi kreatifnya dalam menyumbangkan pertumbuhan ekonomi.

"Karena hampir semua negara bergerak ke arah sana yaitu ekonomi kreatif seperti Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat dan Jepang itu sudah memanfaatkan ekonomi kreatif sejak lama," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4550 seconds (0.1#10.140)