alexametrics

Sri Mulyani Minta Pemerintah dan Parpol Bersinergi Menarik Investasi

loading...
Sri Mulyani Minta Pemerintah dan Parpol Bersinergi Menarik Investasi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/Dok.Kementerian Keuangan
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan partai politik merupakan salah satu faktor kunci dalam mendorong kebijakan untuk mendukung investasi, dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

Ia pun mencontohkan proses pembahasan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang memerlukan kerja sama dan sinergi harmonis antara pemerintah pusat dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang terdiri dari unsur parpol.

"Kita semua tau bahwa dalam mendesain APBN (yang bisa digunakan sebagai salah satu instrumen mendukung investasi) peranan DPR atau partai politik menjadi penting (karena proses pembahasan rancangan APBN dan pengesahannya memerlukan pembahasan dan persetujuan DPR). Begitu juga untuk level daerah, proses serupa memerlukan persetujuan DPRD," terang Sri Mulyani di depan ribuan anggota Partai Golkar di Hotel Merlyn Park, Jakarta.



Untuk itu, Sri Mulyani berharap semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan partai politik bisa bekerja sama dan bersinergi, menarik investasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Namun, Menkeu menyayangkan masih terdapat pimpinan daerah yang mengeluarkan kebijakan yang tidak sejalan dengan arahan dan kebijakan Presiden sehingga mengakibatkan investor luar negeri dan dalam negeri enggan menginvestasikan dananya di Indonesia. Hal ini dapat mempengaruhi pendapatan perpajakan karena dipengaruhi banyaknya jumlah perusahaan yang aktif di sektor ekonomi.

"Kalau daerah ingin dapat banyak (pendapatan dari penerimaan perpajakan) maka dibantulah kami dalam hal penerimaan pajak. Yang lucu itu daerah ingin mendapat bagiannya tapi waktu penerimaan pajak dia tidak mau bantu. Bahkan kadang-kadang bukannya bantuan malah menyusahkan. Bikin kebijakan yang membuat investasinya kabur. Bikin kebijakan yang membuat perusahaan-perusahaan itu kemudian tidak bisa hidup. Sehingga basis pajaknya juga turun. Saya ingin menyampaikan kepada daerah, kita ini satu perahu. Kalau kita ini satu perahu maka kita akan saling menjaga dan memperkuat," ujarnya dalam keterangan yang diterima SINDOnews, Sabtu (30/11/2019).

Lebih khusus, Sri Mulyani meminta agar Partai Golkar ikut aktif dalam mensukseskan perekonomian Indonesia, dimana hal ini menjadi penting karena Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto merupakan Menko Perekonomian di di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak