Kementan Miliki Desain Jelas Capai Swasembada Daging Sapi

Minggu, 01 Desember 2019 - 06:46 WIB
Kementan Miliki Desain Jelas Capai Swasembada Daging Sapi
Kementan Miliki Desain Jelas Capai Swasembada Daging Sapi
A A A
JAKARTA - Mewujudkan swasembada serta kedaulatan pangan juga dapat dimulai dari subsektor peternakan, khususnya sapi. Kementerian Pertanian (Kementan) dinilai punya keseriusan mewujudkannya.

"Kementan punya usaha serius meningkatkan kondisi peternakan di Indonesia, terutama sapi. Kita siap berkolaborasi dan mendukung," ujar Ketua Umum DPP Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) Didiek Purwanto, Sabtu (30/11/2019).

Didiek mengatakan, pembinaan maupun kebijakan terhadap peternak sapi dari Kementan dirasakan cukup maksimal selama ini. Termasuk bantuan sapi ternak di daerah yang dianggap membutuhkan banyak pasokan daging.

Dengan hal seperti itu, ucap Didiek, ke depannya akan berpotensi meningkatkan pendapatan ekonomi peternak, terciptanya pemberdayaan usaha masyarakat guna membuka lapangan kerja. "Kementan mengarahkan, membuka jalan, membentuk pengusaha ternak sapi jadi ujung tombak untuk pemenuhan kebutuhan daging sapi nasional," ungkap Didiek.

Sementara itu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, I Ketut Diarmita, menjelaskan, pemerintah terus berkomitmen memfasilitasi regulasi yang mendukung iklim usaha peternak sapi.

Diarmita menuturkan, sinergi antara pemerintah dan peternak akan selalu dijaga sehingga tercipta model pembangunan peternakan yang berkualitas sekaligus mampu memenuhi kebutuhan daging sapi nasional.

Kementan juga menargetkan swasembada daging sapi dapat segera terealisasi dengan menerapkan tiga cara. Pertama, inseminasi buatan massal; kedua, mendorong pelaku usaha swasta dan BUMN mengembangkan peternakan sapi; dan ketiga, meningkatkan populasi sapi yang terintegrasi dengan perkebunan kelapa sawit.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4478 seconds (0.1#10.140)