alexametrics

Harga Bawang Merah Penyumbang Inflasi Bulan November

loading...
Harga Bawang Merah Penyumbang Inflasi Bulan November
BPS mencatat angka inflasi November mencapai 0,14%. Foto/SINDOnews/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka inflasi selama bulan November 2019 mencapai 0,14%, dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 138,60. BPS menerangkan penyumbang inflasi terbesar di bulan November, berasal dari inflasi bahan makanan sebesar 0,37%.

"Kelompok bahan makanan pada November mengalami inflasi 0,37% dan memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,07%," terang Kepala BPS, Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Suhariyanto menjelaskan, komoditas yang mengalami kenaikan adalah harga bawang merah yang mana kontribusinya terhadap inflasi adalah sebesar 0,07%. Disusul oleh tomat sayur dengan kontribusi 0,05%.



Lalu ada daging ayam ras yang mengalami kenaikan dan kontribusinya terhadap inflasi November sebesar 0,03%. Kemudian harga telur ayam ras yang mana kontribusinya mencapai 0,01%.

"Di sana ada beberapa komoditas yang menyumbang inflasi. Diantaranya kenaikan harga bawang merah 0,07%. Tomat sayur 0,05%. Daging ayam ras 0,03%, telur ayam ras 0,01%. Dan beberapa sayuran dan buah-buahan yang mengalami inflasi 0,01%," jelasnya.

Selain ada yang naik, ada pula komoditas pangan yang mengalami penurunan harga. Cabai merah mengalami penurunan 0,08%, ikan segar dan cabai rawit masing-masing turun sebesar 0,02% dan cabai hijau dengan andil sebesar 0,01%.

"Ada beberapa komoditas yang mengalami deflasi. Seperti harga cabai merah menyumbang deflasi 0,08%. Ikan segar dan cabai rawit masing-masing 0,02%," terangnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak