alexametrics

Atasi Penumpukan, Bulog Bisa Jual Cadangan Beras Pemerintah

loading...
Atasi Penumpukan, Bulog Bisa Jual Cadangan Beras Pemerintah
Stok beras di Bulog. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto akan merevisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 127 Tahun 2018. Dengan revisi ini, Bulog dapat menjual cadangan beras pemerintah (CBP) yang dikelola sehingga tidak terjadi penumpukan.

"Kita akan keluarkan penyesuaian peraturan bahwa CBP boleh dijual dalam kondisi tertentu," ujar Agus di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Seperti diketahui, CBP hanya untuk stabilitas harga dan ketersediaan pasokan. Namun Agus memastikan bahwa dengan revisi ini tidak serta merta CBP bisa dijual semuanya.



"Tidak artinya semuanya bisa dijual. Sesuai dengan kebutuhan. Nanti permohonan dari Bulog," ungkapnya.

Dia mengatakan masih akan membahas kondisi apa saja yang memungkinkan CBP dapat dijual. Tapi Agus mengatakan salah satunya adalah jika terjadi kelebihan pasokan.

"Yang tahu Bulog, nanti nanti Bulog mengajukan. Seharusnya sudah ada kalau kelebihan pasokan, di Peraturan Pemerintah ada jelas aturannya," tuturnya.

Agus menuturkan bahwa langkah ini tidak akan membuat harga beras jatuh. Karena akan ada koordinasi sebelum CBP bisa dijual.

"Oh tidak (harga jatuh), artinya begini, kita harus mengatur keseimbangan permintaan dan pasokan. Kita lihat dan koordinasi dengan Bulog," pungkasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak