DPR Dorong Penurunan Harga Gas untuk Industri

Kamis, 05 Desember 2019 - 22:06 WIB
DPR Dorong Penurunan Harga Gas untuk Industri
DPR Dorong Penurunan Harga Gas untuk Industri
A A A
JAKARTA - DPR RI mendorong optimalisasi konsumsi gas untuk kebutuhan industri dalam negeri, salah satunya untuk industri pupuk dan petrokimia. Sebab, industri tersebut termasuk industri yang mengkonsumsi gas dalam jumlah besar.

"Kita ini sebenarnya menghasilkan banyak untuk gas, yang harusnya bisa dioptimalkan untuk konsumsi domestik. Kalau kita masih defisit, gimana caranya ekspor bisa ditekan," kata Anggota Komisi VII DPR Fraksi PKB, Ratna Juwita Sari dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Ratna juga menyoroti terkait harga gas untuk industri pupuk dan petrokimia. Ia meminta agar Ditjen Migas dapat menekan harga agar industri tersebut mendapatkan angka yang lebih efisien. Sehingga bisa memperkuat ketahanan pangan nasional.

"Kebijakan harga, kalau melihat skema yang disampaikan produsen pupuk, Indonesia mematok harga yan lebih tinggi dibandingkan negara lain. Apakah ada kemungkinan menekan harga tanpa mengorbankan sisi yang lain? dan kalau memang ada peluang ekplorasi gas bumi demi penuhi pasokan domestik, kira-kira sudah dipikirkan apa belum pasca-tambangnya yang cadangannya sudah tidak ada potensi lagi," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0310 seconds (0.1#10.140)