alexametrics

Ini 8 Ide bisnis yang Menguntungkan Saat Momen Natal

loading...
Ini 8 Ide bisnis yang Menguntungkan Saat Momen Natal
Momen perayaan Natal dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda khususnya bagi yang menjalankan berbagai macam bisnis. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Natal menjadi momentum yang sangat spesial khususnya bagi umat Katolik dan Kristen. Apalagi momennya yang selalu berdekatan dengan Tahun Baru, membuat perayaan Natal terasa lebih meriah di mana-mana.

Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan bagi pelaku usaha, momen perayaan Natal dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda khususnya bagi yang menjalankan berbagai macam bisnis.

"Kita bisa menyiasati pembengkakan pengeluaran saat Natal dengan memanfaatkan momen tersebut untuk menambah finansial. Misalnya dengan menjalankan bisnis kecil-kecilan yang hasilnya bisa Anda gunakan untuk membeli kado Natal," ujarnya saat dihubungi SINDOnews beberapa waktu lalu.



Dia melanjutkan, untuk membuat bisnis ini menguntungkan, tidak perlu modal besar. Asalkan dijalankan dengan baik dan sungguh-sungguh, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

"Akan lebih baik jika fokus pada satu jenis produk, baru setelah itu Anda bisa mulai merencanakan dan mengembangkan variasinya," jelasnya. Berikut ini 8 ide bisnis yang menguntungkan saat Natal.

1. Kue Natal

Pada hari Natal, orang-orang akan mengunjungi kerabat dan sahabat yang merayakannya. Tentu hal ini tak akan lengkap rasanya jika tidak ada kue untuk dinikmati bersama. Makanya, bisnis kue Natal akan laris manis.

Banyak orang membutuhkan berbagai jenis kue kering untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah. Sehingga penjual dan toko kue akan mendapatkan banyak pesanan menjelang hari Natal.

2. Jual Parsel

Jumlah permintaan parsel akan meningkat menjelang Natal. Parsel dapat berisi makanan dan minuman ringan, buah-buahan, maupun alat kebutuhan rumah tangga.

Maka dari itu, bagi Anda yang menjalankan bisnis parsel, tawarkan parsel yang dikemas sekreatif mungkin. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk membelinya dengan Anda.

3. Jual Hiasan Natal

Rumah ibadah, perkantoran, tempat perbelanjaan, dan rumah pribadi dihiasi dengan dekorasi Natal setiap bulan Desember hingga awal Januari. Suasana pun jadi meriah dan indah.

Maka tak heran, jika bisnis hiasan Natal seperti pernak-pernik dan pohon Natal pasti laris manis. Sebab, banyak orang yang membutuhkannya untuk melakukan dekorasi Natal.

4. Kartu Natal

Meski zaman sudah modern, berjualan kartu ucapan masih menjadi peluang bisnis di hari Natal yang menjanjikan. Sebab, bisnis ini masih cukup relevan dan dibutuhkan hingga saat ini.

Sejumlah orang masih memiliki kebiasaan untuk mengucapkan selamat hari Natal dengan memberikan kartu ucapan, sehingga bisnis kartu Natal bisa tetap laris setiap tahunnya

5. Souvenir

Mulai dari awal sampai akhir bulan Desember, biasanya banyak orang mengadakan acara tukar kado Natal dengan teman-temannya, sekaligus untuk melakukan reuni. Produk souvenir untuk hadiah pun jadi banyak dicari. Momen Natal benar-benar membawa berkah bagi para pebisnis souvenir di Indonesia.

6. Bisnis Pakaian
Membeli pakaian untuk dipakai di hari raya jadi kebiasaan masyarakat. Makanya, bisnis pakaian akan bertambah laris pada saat menjelang hari besar apapun, termasuk saat Natal. Orang-orang yang merayakannya juga kerap berbelanja pakaian baru untuk dipakai ke gereja maupun saat menghadiri acara-acara Natal di komunitasnya.

7. Bisnis Katering

Merintis bisnis katering menjelang Natal juga bisa menjadi pilihan yang bagus. Mengingat banyak orang sudah terlalu disibukkan dengan persiapan Natal yang sedemikian rupa. Mau tak mau, mereka harus memesan makanan cepat saji atau katering untuk kemudian disantap bersama keluarga besar saat perayaan Natal itu tiba.

'Nah, di sinilah kamu dapat memanfaatkan kebolehanmu dalam memasak tersebut untuk kemudian dijadikan sebuah bisnis. Karena momen Natal hanya sekali dalam setahun, tentu menu yang disajikan pun agak berbeda dari menu-menu pada hari biasa," jelas Eko.

8. Jasa Foto Kartu Natal

Meski bertukar kartu Natal jarang dilakukan, masih ada beberapa keluarga yang mempertahankan tradisi ini. Terutama bagi keluarga yang baru saja punya anak, mereka pasti ingin memamerkan bayi mereka.

Jika Anda memiliki hobi atau keahlian dalam bidang fotografi, manfaatkan bakat Anda untuk menyediakan jasa foto bagi orang-orang yang ingin membuat foto keluarga di hari Natal.

Anda bisa membuat studio kecil-kecilan di rumah, lengkap dengan pernak-pernik Natal yang lucu. Biaya yang harus dikeluarkan tentu lebih murah dari pada berfoto di studio.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak