alexametrics

Car Free Night Malam Tahun Baru di Puncak Berlaku Selama 12 Jam

loading...
Car Free Night Malam Tahun Baru di Puncak Berlaku Selama 12 Jam
Terkait rencana pelaksanaan Car Free Night selama malam tahun Baru dari Polres Bogor, Kemenhub mengimbau masyarakat yang akan berlibur di Puncak agar memperhatikan jadwal penutupan jalan
A+ A-
JAKARTA - Terkait rencana pelaksanaan Car Free Night (CFN) selama malam tahun Baru dari Polres Bogor, Jawa Barat, Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat yang akan berlibur di Puncak agar memperhatikan jadwal penutupan jalan dan berangkat lebih awal.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyampaikan CFN akan dilaksanakan Selasa (31/12/2019) sampai Rabu (1/1/2020), sejak pukul 18.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB.

“Pada CFN tersebut, Polres Bogor akan menutup Jalan Raya Puncak dengan pemasangan road barrier sebanyak 6 lapis yaitu di Pos Interchange 1 B, SPBU Patung Ayam dari arah Ciawi, RM Cimory, SPBU Ussu, Simpang Taman Safari, dan Gunung Mas. Setelah itu menjelang siang akan diberlakukan one way dari atas ke bawah,” jelas Dirjen Budi, Minggu (8/12/2019).



Dirjen Budi menjelaskan berdasarkan informasi yang diperolehnya dari Polres Bogor, bahwa penutupan arus lalu lintas di jalur puncak adalah salah satu upaya dari Satlantas Polres Bogor untuk menghindari kelebihan beban kendaraan yang akan merayakan Tahun baru di jalur Puncak.

“Pada masa liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru, terjadi lonjakan arus lalu lintas. Oleh karena itu rekayasa lalu lintas yang tepat adalah dengan rekayasa one way. Dengan one way maka kapasitas jalan menjadi lebih besar guna menampung arus kendaraan dari bawah maupun dari atas. Sistem ini sudah beberapa kali dilakukan oleh Polres Bogor dan terbukti efektif, hanya saja perlu diperhatikan sosialisasinya agar masyarakat tahu dan siap melaksanakan jadwal buka tutup tersebut,” tambah Dirjen Budi.

Meski demikian Dirjen Budi mengimbau bagi Polres Bogor untuk mempersiapkan skema evakuasi jika terjadi kepadatan di jalur puncak dan harus mengalihkan kendaraan ke rute lain.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak