alexametrics

Menteri Edhy Bahas Ongkos Tinggi Jasa Pengiriman Ikan

loading...
Menteri Edhy Bahas Ongkos Tinggi Jasa Pengiriman Ikan
Perwakilan pembudidaya dan pemasar ikan hias dari Magelang, Aan menyampaikan keluhannya soal biaya jasa pengiriman yang mengalami kenaikan drastis sehingga memberatkan para pelaku usaha. Foto/Ilustrasi
A+ A-
MAGELANG - Perwakilan pembudidaya dan pemasar ikan hias dari Magelang, Aan menyampaikan keluhannya soal biaya jasa pengiriman yang mengalami kenaikan drastis sehingga memberatkan para pelaku usaha saat berdiskusi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Selama ini terang dia, kelompoknya memasarkan ikan cupang dan ikan gabe ke seluruh wilayah Indonesia maupun pasar ekspor, khususnya Eropa dan Amerika Serikat.

“Biasanya kami pakai jasa pengiriman lancar-lancar saja. Tapi dalam 3 bulan terakhir ini seperti dipersulit, Pak. Yang menjadi masalah utama, ongkos kirimnya sempat dinaikan hingga 10 kali lipat. Kemudian, dalam seminggu ini keluar edaran baru bahwa ongkos kirimnya dinaikan 200 persen, khususnya untuk pengiriman ikan dan tumbuhan. Kami sangat membutuhkan solusi dari Pak Menteri sekiranya dapat mencarikan jalan tengah,” jelasnya.

Terkait hal ini, Edhy mengatakan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan untuk mencari jalan keluar atas kenaikan ongkos kirim jasa ekspedisi. Ia pun menyatakan bahwa Menteri Perhubungan sudah siap membantu dan akan mengkomunikasikannya secara langsung kepada para pelaku usaha terakit.



“Bisa saja kita minta khusus untuk produk perikanan tidak usah dinaikan. Yang dinaikan mungkin untuk barang-barang mewah saja. Silahkan saja kalau orang-orang belanja di kota harganya naik, tapi untuk yang produksi semuanya harus murah supaya semakin banyak orang-orang yang berupaya untuk berproduksi. Dengan begitu, akan semakin banyak lapangan pekerjaan tercipta dan pemasukan pajak untuk negara juga meningkat,” tukasnya.

Menutup diskusi, Edhy menyampaikan bahwa ia sangat antusias dapat berdiskusi langsung dengan masyarakat Jateng. Ia berharap, diskusi ini menjadi awal komunikasi dua arah yang akan dibangun ke depannya.

Ia pun meminta agar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng menjaring usulan dan proposal dari stakeholder kelautan dan perikanan setempat untuk ditindaklanjuti ke KKP.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng Fendiawan Triskiantoro menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Edhy yang datang dan berdiskusi langsung dengan para stakeholder kelautan dan perikanan Jateng. Ia menyatakan, Pemprov Jateng akan terus bekerjasama dengan KKP untuk mengoptimalkan industri perikanan di Jateng.

“Kami dari Provinsi dan teman-teman Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten/kota akan berkomunikasi dan berkoordinasi. Insya Allah apa yang bapak sampaikan nanti bisa kita laksanakan bersama,” pungkasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak