Instruksi Erick ke Plt Dirut Garuda Fuad Rizal Usai Skandal Penyelundupan

Senin, 09 Desember 2019 - 14:40 WIB
Instruksi Erick ke Plt Dirut Garuda Fuad Rizal Usai Skandal Penyelundupan
Instruksi Erick ke Plt Dirut Garuda Fuad Rizal Usai Skandal Penyelundupan
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan instruksi khusus kepada Plt Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Fuad Rizal untuk menjaga kinerja perseroan setelah tersandung skandal penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton. Terlebih saat ini Garuda Indonesia harus menjaga kondisi operasional maskapai berkaitan dengan layanan pelanggan jelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Apalagi ini sudah menuju (libur Nataru), banyak juga hari libur, jangan sampai nanti servicenya gara-gara isu ini jadi menurun, atau de-motivasi,” ujar Menteri Erick Thohir di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Ia mengaku telah menelepon Plt Dirut Garuda untuk benar benar mempersiapkan operasional Garuda. Erick menegaskan, setelah dilakukan perombakan dari sisi direksi, perusahaan maskapai pelat merah tersbeut harus berkembang seperti penerbangan lainnya.

“Dan saya yakini juga dengan proses yang terjadi ini, kita harus kembalikan citra daripada Garuda Indonesia. Jadi jangan mikir memberhentikan, tapi bagaimana secara korporasi juga kembali baik,” tuturnya.

Terkait proses seleksi manajemen baru di tubuh Garuda, Erick belum dapat menjelaskan lebih jauh. Sebab pihak kementerian dan perseroan baru menunjuk Pengganti Pelaksana (Plt) Direktur Utama yang diisi oleh Rizal Fuad. “Saya belum bisa komen, karena kan baru terjadi kemarin,” tandasnya.

Sebelumnya pada pekan lalu, Erick Thohir sudah memutuskan untuk memberhentikan empat anggota dewan direksi Garuda Indonesia yang terlibat dalam skandal penyelundupan moge Harley Davidson dan sepeda Brompton yang ditaksir merugikan negara sebesar Rp1,5 miliar.

Skandal tersebut melibatkan Direktur Utama Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara. Selain itu ada juga Iwan Joeniarto yang menjabat Direktur Teknik dan Layanan Garuda, Mohammad Iqbal yang menjabat sebagai Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, dan Heri Akhyar yang merupakan Direktur Human Capital.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8758 seconds (0.1#10.140)