alexametrics

Rupiah Berakhir Jaga Tren Positif, Pounds Melonjak

loading...
Rupiah Berakhir Jaga Tren Positif, Pounds Melonjak
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada akhir perdagangan, Senin (9/12/2019) ditutup menjaga tren positif untuk melengkapi penguatan sepanjang hari ini. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada akhir perdagangan, Senin (9/12/2019) ditutup menjaga tren positif untuk melengkapi penguatan sepanjang hari ini. Perbaikan mata uang Garuda mengiringi lonjakan Pounds menjelanh pemilu pekan ini, serta dolar berdiri kokoh ditopang data ketenagakerjaan.

Posisi rupiah melihat data Bloomberg, pada perdagangan spot exchange merangkak naik ke posisi Rp14.010/USD dibandingkan sesi penutupan akhir pekan, kemarin Rp14.038/USD. Rupiah hari ini bergerak di antara level Rp14.005 hingga Rp14.019/USD.

Namun berdasarkan data SINDOnews bersumber dari Limas, rupiah anjlok pada posisi Rp14.045/USD atau jatuh semakin dalam dari sesi pagi sebelumnya Rp14.023/USD. Kurs rupiah cenderung masih tertekan di tengah faktor eksternal yang penuh ketidakpastian.



Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah justru menanjak hingga menyentuh level Rp14.010 per USD dari sebelumnya Rp14.033/USD. Pergerakan harian rupiah pada hari ini berada pada kisaran Rp14.000-Rp14.035/USD.

Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah tertahan pada zona hijau di Rp14.021/USD. Posisi ini memperlihatkan rupiah lebih tinggi usai sebelumnya Rp14.037/USD.

Di sisi lain seperti dilansir Reuters, Pounds melonjak pada jajak pendapat terbaru menjelang pemilu minggu ini. Pounds melesat ke posisi terbaiknya dalam dua setengah tahun terhadap euro. Sedangkan dolar berdiri kokoh setelah mendapatkan dorongan dari data ketenagakerjaan yang mencatatkan hasil positif.

Indeks dolar sedikit berubah di 97,63 setelah naik 0,3% naik pada usai berita bahwa US nonfarm payrolls meningkat dengan 266.000 pekerjaan bulan lalu, keuntungan terbesar dalam 10 bulan. Mata uang tunggal Eropa diperdagangkan pada posisi 1,1064 atau membaik terhadap USD setelah anjlok cukup dalam di perdagangan, Jumat.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak