alexametrics

Tiga Tim Terbaik Muda Berdaya Peroleh Modal Usaha dari Kampus Shopee

loading...
Tiga Tim Terbaik Muda Berdaya Peroleh Modal Usaha dari Kampus Shopee
Sesi Inkubasi pada program Muda Berdaya yang digelar Shopee dan SMSG di Palembang. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Setelah meluncurkan program pendidikan kewirausahaan "Muda Berdaya" pada Hari Pendidikan Nasional tahun 2019, Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, bersama dengan Semua Murid Semua Guru (SMSG) sukses menyulut antusiasme dari ratusan peserta muda di Palembang dan sekitarnya.

Program "Muda Berdaya" dirancang untuk membekali generasi muda SMA/SMK sederajat dengan kemampuan dasar untuk memulai perjalanan kewirausahaan yang mulai berjalan dari Tahun Ajaran 2019/2020.

Pelaksanaan program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas para pelajar, sekaligus memicu minat berwirausaha pada generasi muda. Kewirausahaan dinilai mampu menjawab tantangan zaman dan industri karena mengasah keberdayaan, kemandirian, dan juga kreativitas.



"Kami senang sekali melihat sambutan yang hangat dari para peserta Muda Berdaya, dan juga progress yang ditunjukkan dari masing-masing tim. Tentunya ini tidak luput dari dukungan mitra kolaborasi kami, yakni Semua Murid Semua Guru, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia," ungkap Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/12/2019).

Rezki mengatakan, pendampingan yang diberikan melalui program "Muda Berdaya" ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang siap bersaing, khususnya agar dapat menciptakan wirausaha yang berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Widodo mengatakan, "Muda Berdaya" merupakan program yang sejalan dengan visi misi Pemprov Sumsel untuk meningkatkan kualitas anak didik.

"Khususnya mereka yang masih duduk di bangku SMA/SMK sederajat. Saya juga telah melihat langsung karya dari tim yang terlibat, dan mendengarkan progress dari masing-masing tim. Kami berharap, ilmu yang telah didapatkan di program ini bisa membantu mereka untuk mengimplementasikan bisnis yang akan mereka kembangkan di masa mendatang," tuturnya.

Adapun program pendidikan kewirausahaan hasil kolaborasi Shopee dan Semua Murid Semua Guru ini terdiri dari tiga tahap, yakni "Inspirasi" yang dilaksanakan pada Agustus lalu. Sesi ini diadakan untuk menggugah minat kewirausahaan para peserta dengan menghadirkan talk show inspiratif bersama figur pengusaha muda, mulai dari Prilly Latuconsina sebagai Brand Ambassador Shopee sekaligus pengusaha muda sukses hingga Yukka Harlanda sebagai CEO Brodo. Acara ini juga dihadiri oleh ratusan murid SMA/SMK sederajat sekitaran Palembang.

Selanjutnya, sesi Inkubasi, di mana
dari ratusan peserta yang mendaftar, dipilih 20 tim semifinalis yang mengikuti sesi ini. Selama sesi Inkubasi, para semifinalis akan diberikan materi dan pelatihan intensif selama tiga hari mengenai struktur perusahaan, literasi digital, hingga business model canvas. Dalam sesi ini diharapkan para semifinalis dapat mematangkan ide bisnis yang sebelumnya mereka miliki.

Terakhir, sesi Apresiasi, dimana tiga finalis terpilih dengan ide terbaik diminta memaparkan ide bisnis mereka ke depan para juri. Ketiga tim terbaik akan mendapatkan modal usaha dan pendampingan dari Kampus Shopee.

Tiga pemenang "Muda Berdaya" dengan ide terbaik adalah Tim DIMADA dengan ide usaha aksesoris dari sampah kertas majalah dari SMAN Sumatera Selatan (Ide Terbaik 3), Tim TEFA Rumah Impian dengan ide usaha jasa pembuatan desain rumah dari SMKN 2 Palembang (Ide Terbaik 2), dan Tim Caktadent dengan ide usaha pasta gigi dari limbah rajungan dari SMAN 6 Palembang (Ide Terbaik 1).
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak