alexametrics

Sri Mulyani Beberkan Ketidakpastian Global Masih Akan Berlanjut

loading...
Sri Mulyani Beberkan Ketidakpastian Global Masih Akan Berlanjut
Menkeu Sri Mulyani mengungkapkan, ketidakpastian global yang tidak menentu masih akan membayangi seiring dengan ekonomi beberapa negara mengalami pelemahan. Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, ketidakpastian global yang tidak menentu masih akan membayangi seiring dengan ekonomi beberapa negara mengalami pelemahan. Mantan direktur bank dunia ini menambahkan, ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan ketidakpastian global, mulai dari kemajuan teknologi hingga gejolak politik.

"Di masa lampau ketidakpastian itu berasal dari musiman. Dari data dan peristiwa serta seringkali syok politik, perang, bencana alam mempengaruhi ketidakpastian," ujar Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

(Baca Juga: China dan India Lesu, ADB Ramal Ekonomi Asia Hanya Tumbuh 5,2%)



Lebih lanjut terang dia, ketidakpastian ini juga didorong oleh kemajuan teknologi dan komunikasi yang memiliki pola yang bisa mempengaruhi kebijakan suatu negara. "Seperti yang sudah saya sampaikan, kata ketidakpastian bukan istilah baru bagi si pemakai dan pembuat kebijakan. Ketidakpastikan saat Ini adalah sifat, pola ini sungguh sangat tidak pasti," jelasnya.

Sambung dia menekankan, bakal terus menjaga kebijakan fiskal dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) agar Indonesia bisa kebal dari ketidakpastian global yang diprediksi masih berlanjut. "Semakin tidak pasti karena kita tidak tahu arah pasti dari kebijakan, lantaran berkaitan dengan kuasa tapi ini juga tak pasti. Untuk itu kita menjaga fiksal dan APBN dalam memperkuat ekonomi Indonedia," jelasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak