alexametrics

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Banten Kuartal IV Capai 5,7%

loading...
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Banten Kuartal IV Capai 5,7%
Bank Indonesia Perwakilan Banten memprediksi pertumbuhan ekonomi Banten kuartal IV 2019 capai 5,7%. Foto/SINDOnews
A+ A-
SERANG - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Banten memperkirakan pertumbuhan ekonomi Tanah Jawara pada kuartal IV 2019 meningkat dibandingkan kuartal III. Peningkatan tersebut dipicu oleh konsumsi masyarakat, pemerintah dan kinerja ekpor terutama alas kaki.

"Pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada kuartal IV 2019 diperkirakan berada dalam kisaran 5,3 % sampai dengan 5,7% secara tahunan, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kuartal III 2019," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja, Rabu (11/12/2019).

Erwin memperkirakan, konsumsi rumah tangga pada kuartal IV 2019 akan tumbuh lebih tinggi dari kuartal sebelumnya, seiring momen perayaan Natal dan Tahun Baru yang bertepatan dengan masa liburan sekolah.



Berdasarkan lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi akan ditopang oleh antara lain lapangan usaha industri pengolahan, perdagangan, konstruksi, pertanian, dan real estate yang diperkirakan menunjukkan pertumbuhan cukup tinggi pada kuartal IV 2019.

Sementara itu, untuk keseluruhan tahun 2019, pertumbuhan Banten diprakirakan akan lebih rendah dibanding tahun 2018, akibat melambatnya seluruh komponen utama PDRB, yaitu konsumsi rumah tangga, investasi dan kinerja ekspor impor, sejalan dengan lesunya ekonomi dunia dan domestik.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak