alexametrics

Gabungan Importir Nasional Tunjuk Subandi Jadi Ketua Umum

loading...
Gabungan Importir Nasional Tunjuk Subandi Jadi Ketua Umum
Pengurus Badan Pengurus Pusat Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) masa bhakti 2019-2024. Foto/Dok.
A+ A-
JAKARTA - Badan Pengurus Pusat (BPP) Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) menunjuk Captain H. Subandi sebagai ketua organisasi pada periode 2019-2024. Subandi terpilih menjadi Ketua Umum GINSI berdasarkan musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) yang digelar di Bali pada bulan November lalu.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Feri Anggriono Sutiarto, membuka secara resmi acara Pengukuhan BPP GINSI periode 2019-2024.

Feri mengatakan, dengan adanya pengukuhan tersebut, pemerintah berharap agar tidak ada lagi friksi-friksi pada pengusaha khususnya yang berkecimpung dalam bidang perdagangan impor.



"Jangan lagi ada friksi di tubuh GINSI. Dengan pengukuhan ini, kita harapkan GINSI tetap solid agar menjadi mitra pemerintah dalam menyiapkan regulasi khususnya dibidang impor," ujarnya saat membuka Pengukuhan BPP Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia periode 2019-2024 di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Pengukuhan Pengurus BPP GINSI 2019-2024 dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Pembina dan Pengawas Ahmad Syahroni.

Pada hari itu juga dilaksanakan pengukuhan kepengurusan pengurus pusat GINSI di hotel tersebut. Selain Capt. Subandi, nama yang masuk kepengurusan GINSI diantaranya adalah Ahmad Sahroni sebagai ketua dewan pembina, Edy Putra Irawadi (pembina), Irwan Prajitna (sekretaris jenderal), Nedria Dahlan (wakil ketua bidang kepelabuhan), Anwar Sjani (wakil ketua bidang organisasi) dan Thamrin Latuconsina (wakil ketua bidang perdagangan).

Subandi mengatakan, GINSI akan menjadi mitra pemerintah dan instansi terkait dalam pembuatan maupun menjalankan peraturan dan regulasi yang berlaku di Indonesia terutama dalam bidang perdagangan luar negeri.

"Iya tentu kita berharap kedepan itu ada kemitraan yang lebih strategis lagi, terkait dengan kegiatan perdagangan luar negeri," ujar Subandi.

"Saya ingin GINSI ini kembali kepada era yang lalu, bahwa GINSI itu pernah sangat kuat bekerjasama dengan kementerian terkait. Terutama soal pembinaan kepada pelaku usaha perdagangan luar negeri atau yang sering kita dengar importir, baik dari sisi pembuatan regulasinya maupun pada saat sosialisasi atau penyebaran regulasi yang sudah dibuat," kata Subandi di Grand Mercure Kemayoran.

Seperti diketahui, GINSI mengadakan munaslub di Grand Mega Resort, Kuta, Bali, pada hari Rabu (13/11/2019). Munaslub dilakukan untuk memilih Ketua umum GINSI yang baru dan penyusunan AD/ART dan penyusunan pengurus GINSI yang baru.

Permintaan munaslub tersebut terkait dengan diberhentikannya Sekjen GINSI Erwin Taufan oleh Ketua Umum Anton Sihombing beberapa waktu lalu.

Anton juga dianggap telah melakukan pelanggaran organisasi diantaranya tidak melakukan Rapat Kerja Nasional (Rakernas), rapat pimpinan selama periode berjalan hingga hari ini, tidak ada kegiatan sesuai dengan AD/ART yang sudah ditetapkan dan melakukan pemecatan secara sepihak tanpa menggelar musyawarah atau rapat pleno secara sah.

GINSI memiliki pengurus 10 BPD yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, BPD DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Sumatra Barat. Berdasarkan kesepakatan bersama peserta Munaslub, telah disepakati dan didukung oleh 7 dari 10 DPD GINSI, H. Captain Subandi sebagai Ketua Umum BPP GINSI Periode 2019-2024 menggantikan Anton Sihombing.

Susunan pengurus BPP GINSI masa bhakti 2019-2024
Dewan Pembina dan Pengawas
Ketua: Ahmad Sahroni
Anggota: H. Edy Putra Irawadi
Anggota: Martin Manurung
Anggota: Ahmad Iman
Anggota: Sarman Simanjorang
Anggota: Rainer Prakuso Tobing
Anggota: Sungkono Ali
Anggota: Wibi Andrino

Dewan Pengurus Harian
Ketua Umum: Captain Subandi
Ketua Organisasi, Keanggotaan dan Pelatihan: Herlambang Wibowo
Ketua Logistik danPerhubungan: Erwin Taufan
Ketua Perekonomian, Industri dan Perdagangan: Adi Putra Prajitna
Ketua Hubungan Antar Lembaga dan Media: Hardy Hermawan
Ketua Hukum dan Advokasi: Muhammad Tubagus Abduh

Sekretaris Jenderal: Irwan Prajitna
Wakil Sekertaris: Mualimin Daming

Bendahara Umum: Alamsjah
Wakil Bendahara: Tajudin Iyus

Wakil Ketua Bidang
Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan: Anwar Sjani
Wakil Ketua Bidang Pelatihan: Sistanto Purnomo
Wakil Ketua Bidang Kepelabuhanan: Nedria Dahlan
Wakil Ketua Bidang Kepabeanan: Hirmon Tjandi

Wakil Ketua Bidang Perindustrian: Ratna Nila Juwita
Wakil Ketua Bidang Perdagangan: Thamrin Latuconsina
Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga: Ivansyah
Wakil Ketua Bidang Media Informasi: Paulin Dini Ariza
Wakil Ketua Bidang Hukum Industrial: Bama Djokonugroho
Wakil Ketua Bidang Hukum Pidana: Panji Kartono
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak