alexametrics

Menhub Pastikan Runway III Bandara Soekarno Hatta Bisa Dipakai 20 Desember

loading...
Menhub Pastikan Runway III Bandara Soekarno Hatta Bisa Dipakai 20 Desember
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Runway III Bandara Soekarno Hatta siap dioperasikan pada tanggal 20 Desember 2019, mendatang. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Runway III Bandara Soekarno Hatta siap dioperasikan pada tanggal 20 Desember 2019, mendatang. Hal ini untuk menunjang kesiapan menghadapi momen jelang Natal dan Tahun Baru 2019 dengan harapan bisa membuat pergerakan pesawat yang saat ini hanya 81 unit per jam bisa ditingkatkan menjadi 100.

Menhub Budi Karya Sumadi menyambut baik hal tersebut karena akan membuat pergerakan pesawat lebih cepat dan dinamis. Dirinya mengungkapkan akan melaporkan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo. "Dioperasikanya runway III membuat pergerakan lebih dinamis," ujar Budi karya di Jakarta, Rabu (12/12/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) M. Awaluddin selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta menjelaskan, pengoperasian runway III tinggal menunggu regulasi terlebih dahulu. "Kita menunggu regulasi dan persetujuan dari otoritas Bandara," kata M. Awaluddin .



Sambung dia menambahkan landasan pacu yang dikerjakan di awal tahun 2018 tersebut kini sudah siap setelah sebelumnya masih perlu penambahan panjang 500 meter dengan total panjang lintasan 3.000 meter. "Pengelola Bandara Soekarno-Hatta akan membersihkan area runway III sebelum tanggal periode Natal dan Tahun Baru dimulai," jelasnya.

Keberadaan Runway III diyakini akan memberikan manfaat ke operasional maskapai, dimana salah satunya yang bisa dinikmati yaitu penurunan biaya operasional. Dari hasil simulasi yang dilakukan maskapai pada Agustus lalu, keberadaan Runway III bisa menekan pembakaran bahan bakar pesawat hingga 1.300 pounds.

Penurunan pembakaran terjadi karena pesawat tidak perlu menunggu lebih lama untuk mencapai apron setelah landing. Diterangkan sebelumnya penurunan waktu tunggu tersebut telah menghasilkan penghematan Rp70 juta sampai Rp75 juta.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak