alexametrics

Ekspor Mobil Ditarget Capai 1 Juta, Jokowi Bidik Perluas Pasar ke Asia Timur

loading...
Ekspor Mobil Ditarget Capai 1 Juta, Jokowi Bidik Perluas Pasar ke Asia Timur
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong peningkatan ekspor automotif dengan membidik Asia Timur yang mempunyai pangsa pasar cukup tinggi. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong peningkatan ekspor automotif dengan membidik Asia Timur yang mempunyai pangsa pasar cukup tinggi. Jokowi sendiri mengaku optimistis target ekspor 1 juta mobil dari sektor automotif dapat terwujud pada 2024, mendatang.

"Apalagi, saya kira semua siap sehingga ekspornya tak hanya ke Filipina, tapi ke Asia Timur, Afrika, pasar-pasar yang belum kita garap secara baik untuk produk ekspor kita," ujar Jokowi di Bekasi, Kamis (12/12/2019).

Presiden juga menginginkan agar industri automotif bisa fokus kepada ekspor sebagai nilai tambah, dimana Jokowi menginginkan agar Indonesia jadi pusat produksi automotif terbesar



"Saya meminta kepada industri otomotif, target-target sudah saya sampaikan yang sekarang 300.000 dalam 3-4 tahun mendatang harus bisa meloncat kurang lebih 1 juta. Nilainya dari Rp8 miliar meloncat ke Rp24 miliar. Industri otomotif tanah air harus konsen ke ekspor. Kita jadikan Indonesia jadi production hub otomotif," jelasnya.

Sebelumnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin bahwa target tersebut dapat terwujud, dimana peningkatan ekspor automotif ini dapat mengatasi defisit transaksi berjalan. "Saya yakin, Insya Allah bisa terwujud. Defisit neraca dagang dan CAD bisa diatasi empat sampai lima tahun ke depan. Sehingga Indonesia bisa menjadi production hub bagi automotif untuk diekspor ke semua negara," paparnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak