alexametrics

Semarak Festival IKMA 2019 Dorong Daya Saing SDM dan Produk UKM

loading...
Semarak Festival IKMA 2019 Dorong Daya Saing SDM dan Produk UKM
Ditjen Industri Kecil dan Menengah dan aneka (IKMA) Kemenperin kembali menyelenggarakan acara Semarak Festival IKMA 2019 di Balai Kartini, Jakarta, 11-12 Desember. Foto/Dok Kemenperin
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah dan aneka (IKMA) kembali menyelenggarakan acara yang bertajuk “Semarak Festival IKMA”.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah konkret Kemenperin untuk terus berupaya meningkatkan daya saing produk serta sumber daya manusia (SDM) khususnya di sektor IKMA.

“Semarak Festival IKMA 2019” yang digelar di Balai Kartini Jakarta pada 11-12 Desember 2019, juga menjadi bagian tugas dan fungsi Kemenperin untuk semakin mengembangkan sektor IKMA.



Kemenperin mencatat, industri kecil dan menengah (IKM) merupakan sektor mayoritas dari populasi industri di Indonesia, yang selama ini berperan sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Jumlah IKM hingga kini telah melampaui 4,4 juta unit dan menyerap tenaga kerja lebih dari 10,1 juta orang.

“Acara ini merupakan persembahan kepada sektor IKMA yang telah bersungguh-sungguh meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk bertransformasi menuju IKMA 4.0,” kata Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Melalui acara “Semarak Festival IKMA 2019”, Kemenperin melalui Ditjen IKMA akan menyerahkan penghargaan baik kepada IKMA maupun yang mendukung kemajuan IKMA.

Selain itu juga menyerahkan beberapa fasilitasi terkait pengembangan produk dan juga penguatan SDM IKMA, serta adanya perjanjian kerja sama dengan beberapa pihak dalam rangka penguatan IKMA.

Rangkaian program “Semarak Festival IKMA 2019” diantaranya pameran dan penyerahan penghargaan yang meliputi pameran startup dan festival IKMA, penghargaan Startup4Industry, dan penghargaan lomba desain Indonesia Footwear Creative Competition.

Sementara itu, pada rangkaian acara, Ditjen IKMA juga akan memasilitasi untuk pengembangan SDM seperti fasilitasi sertifikasi kompetensi kerja barista, pakaian jadi, teknik reparasi AC dan finishing mebel kayu.

Selain itu, akan dilaksanakan pengukuhan Asosiasi Printer Tiga Dimensi Indonesia, yang memiliki visi untuk membantu produk Indonesia agar dapat bersaing dan kompeten di dunia internasional.

Bahkan, bakal digelar penandatanganan perjanjian kerja sama antara Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI), yang merupakan unit kerja dibawah Ditjen IKMA, dengan PT Panatrade Caraka selaku produsen sepatu lokal terkemuka.

“Semarak Festival IKMA 2019 diharapkan dapat menjadi pemacu baik bagi IKMA maupun bagi pembina IKMA untuk dapat meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk bertransformasi menuju IKMA 4.0. Selain itu, pada kesempatan ini juga dilaksanakan seminar Startup Tech Provider 4 Industry,” papar Gati.

Dengan adanya program “Transformasi menuju IKMA 4.0”, diharapkan pula Indonesia semakin siap menghadapi era revolusi industri 4.0 dengan meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk dapat mencapai tujuan tersebut.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak