alexametrics

Menparekraf Siapkan Strategi Jendela Indonesia

loading...
Menparekraf Siapkan Strategi Jendela Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjelaskan strategi pariwisata di DPR. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, menyiapkan berbagai inovasi Kemenparekraf untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2020. Dia menegaskan kunci pendekatan yang akan dilakukan demi mengejar kualitas wisatawan. Strategi yang dilakukan akan meningkatkan durasi tinggal dan belanja yang dilakukan.

"Kita harus ganti strategi yang berkualitas karena negara asal turisnya dari jauh. Harus dibikin nyaman agar tinggal lebih lama dan belanja lebih banyak. Dampaknya untuk ke devisa negara," ujar Wishnutama dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Senin (16/12/2019).

Dia menyebutkan strategi yang akan dikejar adalah memperbanyak Jendela Indonesia, seperti melalui konten film untuk menambah pengalaman warga negara lain tentang Indonesia. Selain film yang akan dikembangkan adalah restoran yang berkualitas untuk membuat wisatawan tertarik dan berwisata ke Indonesia.



"Misalnya di kota Melbourne tidak restoran Indonesia yang representatif. Padahal mahasiswa kita banyak di sana dan restoran negara lain sangat banyak untuk memancing wisatawan dari Australia," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan Indonesia harus memanfaatkan komoditas kopi untuk mengenalkan Indonesia kepada masyarakat negara lain.

Menurut pengalamannya di banyak toko kopi di berbagai negara dunia selalu mencantumkan Indonesia sebagai negara asal kopi yang dihidangkan. Karena itu Indonesia harus memiliki toko kopi yang khusus sehingga memperkuat nama Indonesia sebagai penghasil kopi.

"Kita harus mencontoh Australia yang serius mengembangkan wisata minuman wine. Bahkan bisa mengalahkan Prancis yang lebih awal dikenal sebagai produsen wine," ujarnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak