alexametrics

Jalan Tol di Kalimantan Dorong Pengembangan Kawasan Produksi

loading...
Jalan Tol di Kalimantan Dorong Pengembangan Kawasan Produksi
Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Kalimantan. (Antara).
A+ A-
BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi II, III, dan IV. Acara peresmian dipusatkan di gerbang tol Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bahwa tiga seksi sepanjang 58,7 km telah selesai dibangun dari lima seksi dengan total panjang 99,3 km. Adapun dua seksi yang masih dibangun yaitu seksi I dan seksi V.

"Jadi kurang dua seksi lagi, yaitu seksi I dan seksi V. Tapi tadi saya menanyakan kepada Dirut Jasa Marga ini akan diselesaikan nanti insyaallah paling lambat April 2020," kata Jokowi melalui siaran persnya, Selasa (17/22/2019).



Jalan tol Balikpapan-Samarinda ini merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Dengan dibangunnya jalan tol tersebut, dia berharap kecepatan dan efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang bisa didapatkan.

"Yang biasanya dari Balikpapan-Samarinda, Samarinda-Balikpapan itu memakan waktu kurang lebih 3 jam, 6 jam PP, bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling 1 jam atau 1 jam seperempat. Sehingga sekali lagi, kecepatan, efisiensi itu betul-betul bisa kita dapatkan," tuturnya.

Menurutnya jalan tol ini juga akan memperlancar konektivitas antara dua pusat kegiatan ekonomi bisnis di Kaltim, yaitu Kota Samarinda dan Kota Balikpapan. Selain itu, jalan tol ini juga akan mendorong pengembangan kawasan-kawasan produksi. Seperti industri di sektor kelapa sawit, komoditas batu bara, minyak, gas, dan komoditas pertanian yang terhubung langsung dengan kawasan distribusi.

Lebih lanjut dia mengatakan jalan tol Balikpapan-Samarinda juga akan mempercepat akses masuk ke kawasan inti ibu kota negara baru. Dia pun ingin agar pada 2020 akses jalan menuju kawasan ibu kota baru mulai disiapkan dan terkoneksi dengan jalan tol Balikpapan-Samarinda.

"Kita harapkan menjadi nilai plus karena dengan adanya jalan tol ini tersambung dua bandara, yang berada di Samarinda airport Pranoto, dan Bandara Sepinggan di Balikpapan," tandasnya. (Dita Angga)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak