alexametrics

Jangkau Lebih Banyak UMKM, Bank Mandiri dan Fintech P2P Kolaborasi

loading...
Jangkau Lebih Banyak UMKM, Bank Mandiri dan Fintech P2P Kolaborasi
Bank Mandiri mendorong pengembangan bisnis UMKM melalui perluasan target market dengan berkolaborasi bersama PT Investree Radhika Jaya (Investree) salah satu Fintech peer-to-peer (P2P) lending. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri) mendorong pengembangan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui perluasan target market. Untuk itu, perseroan bekerjasama dengan PT Investree Radhika Jaya (Investree), salah satu pionir perusahaan Fintech peer-to-peer (P2P) lending dalam pemanfaatan teknologi dan non-traditional data, agar dapat menjangkau semakin banyak pelaku UMKM di Tanah Air.

Senior EVP Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, kolaborasi perbankan dengan perusahaan tekfin sangat strategis untuk memperluas akses pembiayaan ke pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dengan adanya dengan inovasi teknologi yang dimiliki perusahan tekfin. Untuk tahap awal Bank Mandiri akan menyediakan dana sebesar Rp200 Miliar untuk program kerjasama dengan Investree.

“Bank Mandiri akan memanfaatkan sinergi dengan Investree untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada para pelaku UMKM yang selama ini belum tersentuh oleh perbankan konvensional, namun memiliki skala usaha yang memadai,” kata Aquarius di sela-sela penandatanganan kerjasama di Jakarta, Rabu.



Kerjasama ini merupakan pengembangan atas dua kerjasama dengan usaha rintisan (startup) di bidang P2P lending yakni PT. Amartha Mikro Fintek (Amartha) dan PT. Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) pada tahun lalu. Adapun, total nilai kerjasama dengan kedua startup tersebut adalah sebesar Rp250 Miliar.

Menurut dia, kolaborasi dengan tekfin P2P Lending akan meningkatkan kapabilitas bank dalam meningkatkan customer experience melalui penggunaan platform digital. Di samping itu, kolaborasi ini akan membuat bank lebih cepat beradaptasi pada perubahan di luar, seperti semakin berkembangnya bisnis model economic sharing.

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi menambahkan, pihaknya sangat optimistis bahwa kerja sama ini akan memberikan banyak kontribusi manfaat pinjaman produktif bagi para UKM. Terutama untuk terus menghadirkan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses pinjaman kepada para pelaku UKM di Tanah Air serta memperkuat ekosistem ekonomi digital yang sudah ada.

“Kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan Bank Mandiri sebagai salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia yang telah menaruh kepercayaan yang besar kepada Investree sebagai rekanan fintech untuk menyalurkan pendanaan pembiayaan kepada para UKM," katanya.

Hal ini menegaskan bahwa kehadiran fintech untuk melengkapi fungsi perbankan terutama dalam memenuhi permintaan masyarakat terhadap akses pinjaman yang fleksibel sekaligus Bersama-sama meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. "Semoga kerja sama ini menjadi inspirasi tambahan bagi perbankan di Indonesia untuk semakin banyak berkolaborasi dengan industri fintech di Indonesia,” ungkap dia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak