Pertamina MOR II Siap Kawal Distribusi Energi Selama Masa Libur Nataru

Jum'at, 20 Desember 2019 - 00:13 WIB
Pertamina MOR II Siap Kawal Distribusi Energi Selama Masa Libur Nataru
Pertamina MOR II Siap Kawal Distribusi Energi Selama Masa Libur Nataru
A A A
PALEMBANG - PT Pertamina Marketing Operation II Sumatra Bagian Selatan atau Sumbagsel menekankan komitmen mengawal distribusi dan keamanan energi memasuki penghujung tahun 2019 dan menuju malam pergantian tahun baru 2020. Komitmen itu terimplementasi dalam bentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) dalam dua periode.

“Periode pertama sudah dilakukan pada 11-29 November lalu, untuk periode kedua mulai hari ini 18 Desember hingga 8 Januari 2020. Jauh sebelum masa liburan dan setelah masa liburan itu sendiri Tim Satgas Nataru Pertamina siap melayani masyarakat,” jelas General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju Joko Pranoto di Sumatra Bagian Selatan atau Sumbagsel, Kamis (19/12).

Menurut Joko, stok dan ketahanan hari seluruh produk olahan Kilang RU III Plaju dalam jumlah yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk kapasitas produksi kilang sendiri, Joko menuturkan Kilang RU III Plaju berada di angka 105 hingga 110 Million Barrel (MB) dengan rata-rata ketahanan produk di angka 5 hari.

“Jadi kehandalan kilang dalam kondisi yang maksimal untuk melayani kebutuhan masyarakat. Selanjutnya yang akan kami lakukan adalah memastikan Tim Satgas Nataru di kilang untuk memonitor kinerja baik ini serta tidak lupa berkoordinasi dengan Tim Satgas Nataru di Marketing Operation II Sumbagsel,” tambah Joko.

Sementara itu, dari sisi pemasaran, GM MOR II Sumbagsel, Primarini menyatakan bahwa Tim Satgas Nataru sudah melakukan prediksi kebutuhan energi selama Natal dan Tahun Baru.

“Untuk jenis bahan bakar Gasoline (Pertamax, Pertalite, Premium) diprediksi ada peningkatan sebesar +2.5%, Gasoil (Dex, Dexlite, Biosolar) turun sebesar -4.2%, Avtur turun sebesar -5%, dan untuk LPG ada peningkatan sebesar +3.6%. Jika dibandingkan dengan Satgas Nataru 2018, Gasoline ada peningkatan +2.6%, Gasoil meningkat +1%, Avtur turun -28%, dan LPG meningkat +3.4%,” kata Primarini.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5478 seconds (0.1#10.140)