BRI Pacu Pengembangan UMKM Lewat BRILian Preneur 2019

Jum'at, 20 Desember 2019 - 12:34 WIB
BRI Pacu Pengembangan UMKM Lewat BRILian Preneur 2019
BRI Pacu Pengembangan UMKM Lewat BRILian Preneur 2019
A A A
JAKARTA - Sebagai wujud kontribusi serta terobosan dalan kaitannya pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar “UMKM Export BRILian Preneur 2019”.

Ajang yang digelar pada 20-22 Desember 2019 di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) dibuka langsung oleh presiden Joko Widodo dengan didampingi oleh Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dan Direktur Utama Bank BRI Sunarso.

Dirut BRI Sunarso mengungkapkan bahwa UMKM Export BRILian Preneur 2019 diselenggarakan dengan tujuan utama mempertemukan pengusaha UMKM dengan pembeli potensial dari luar negeri. "Ajang ini juga untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pengusaha UMKM untuk berorientasi ekspor," ujarnya di Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Menurut Sunarso, kegiatan ini diikuti oleh 155 UMKM binaan Bank BRI dan Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI yang bergerak di bidang usaha seperti fashion, makanan dan minuman, dan kerajinan (Craft & Home Decor).

Bank BRI juga mendatangkan pembeli potensial dari luar negeri yang diharapkan akan semakin membuka akses produk UMKM Indonesia ke mancanegara. "Terdapat 74 pembeli potensial yang datang dari 16 Negara dari Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia," imbuh Sunarso.

UMKM Export BRILian Preneur 2019 memiliki konsep pameran atau expo dengan menampilkan hasil produk UMKM binaan Bank BRI. Selain itu, Bank BRI juga menyuguhkan acara Business Matching, Talkshow, UMKM Award, Barista Competition, Artist Performance, hingga Art Instalation.

Bank BRI saat ini memiliki Rumah Kreatif BUMN terbanyak, atau sejumlah 54 RKB BRI dengan jumlah anggota mencapai 398.000 dan telah mengadakan sebanyak 3.994 pelatihan. Untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas, Bank BRI memiliki program pendampingan dan pelatihan yang diberi nama BRIncubator.

Selain itu, Bank BRI memiliki BRI Microfinance Center (BMC) yang merupakan lembaga riset dan konsultasi yang didirikan Bank BRI untuk mendampingi UMKM agar terus tumbuh dan mampu bersaing di pasar.

Selama bulan November–Desember 2019 Bank BRI juga menggelar CSR BRI Peduli berupa pelatihan 10.000 UMKM di seluruh Indonesia sebagai upaya mendorong pelaku UMKM naik kelas.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6609 seconds (0.1#10.140)