Jokowi Optimis UMKM Bisa Geser Dominasi Ekspor Perusahaan Besar

Jum'at, 20 Desember 2019 - 12:55 WIB
Jokowi Optimis UMKM Bisa Geser Dominasi Ekspor Perusahaan Besar
Jokowi Optimis UMKM Bisa Geser Dominasi Ekspor Perusahaan Besar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyebut ekspor Indonesia saat ini masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar. Dia berharap ke depan, kontribusi usaha mikro kecil dan menengah terhadap ekspor akan meningkat.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan acara UMKM Export BRIlianPreneur 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (20/12/2019).

"Saya ngomong apa adanya, bahwa kontribusi dalam ekspor masih didominasi oleh usaha-usaha besar. Ekspor usaha besar itu angkanya masih 85,6%. Ya tak apa-apa," ujar Jokowi di Senayan JCC, Jumat (20/12/2019).

(Baca Juga: Jokowi Dorong UMKM Perbaiki Kualitas Produk Agar Bisa Bersaing)

Namun, Jokowi optimistis ke depan hal ini akan terbalik di mana kontribusi UMKM terhadap ekspor yang akan membesar. Jokowi mengatakan, dengan produk-produk yang ada dalam pameran ini, dia yakin tidak lama lagi pasar ekspor dapat dibanjiri oleh barang-barang tersebut.

"Apabila semua pihak mengkonsolidasikan pasar dengan baik dan standar produk juga dibangun dengan baik sebetulnya kita mampu bersaing dengan negara lain," tegasnya.

Dia juga meminta kepada para pelaku usaha agar tidak meninggalkan pasar domestik dan hanya berkonsentrasi ke ekspor sehingga pasar dalam negeri justru diserbu barang-barang dari luar negeri. "Jadi, pasar dalam negeri kita dikuasai, namun setelah itu masuk ke pasar global untuk menaikkan devisa," katanya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5012 seconds (0.1#10.140)