Hadirkan 3 Inovasi Unggulan, Taspen Diganjar Penghargaan KemenPANRB

Senin, 21 Oktober 2024 - 14:26 WIB
loading...
Hadirkan 3 Inovasi Unggulan,...
Taspen dinilai berhasil dalam menghadirkan tiga inovasi unggulan: Aplikasi Sistem Informasi Gaji (SIMGAJI) Taspen, Taspen One Hour Online Service (TOOS), dan Wirausaha Pintar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Taspen (Persero) meraih penghargaan bergengsi sebagai Penyelenggara inovasi Pelayanan Publik Terbaik tahun 2024 dan Penyelenggara Inovasi Terbaik dari Kelompok Instansi Keberlanjutan dalam kompetisi tahunan Pemantauan Berkelanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (PKRI), yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

Penghargaan diberikan oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas kepada Direktur Operasional Taspen Ariyandi, di Sheraton Grand Jakarta City Hotel, Selasa (8/10/2024). Taspen dinilai berhasil dalam menghadirkan tiga inovasi unggulan: Aplikasi Sistem Informasi Gaji (SIMGAJI) Taspen, Taspen One Hour Online Service (TOOS), dan Wirausaha Pintar.



Penghargaan ini membuktikan keberhasilan perseroan dalam menghadirkan inovasi pelayanan publik. Sehingga, peserta mendapatkan layanan yang optimal melalui pemberian akses informasi yang mudah, cepat, dan transparan.

Terkait hal ini, Corporate Secretary Taspen Henra menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PANRB, atas penghargaan yang telah diberikan kepada Taspen. "Taspen berkomitmen untuk terus meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kesejahteraan ASN melalui inovasi-inovasi yang relevan dan tepat guna," kata Henra.

Taspen akan senantiasa berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi para peserta, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para pensiunan. Kementerian PANRB mengapresiasi Taspen karena inovasinya dinilai mampu menjawab kebutuhan pelayanan publik, terutama ASN dan pensiunan.

Sejak pertama kali hadir pada tahun 2012, SIMGAJI Taspen memudahkan pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota) di Indonesia untuk mengelola data gaji ASN di wilayah kerja masing-masing. Melalui SIMGAJI, Pemda dapat mengajukan permohonan klaim atau nonklaim kepada Taspen secara langsung, berdasarkan data pada SIMGAJI, sehingga prosesnya menjadi lebih cepat.

Hingga Juli 2024, sebanyak 96,9% Pemda di seluruh Indonesia telah menggunakan SIMGAJI. Inovasi lainnya yang turut diakui Kementerian PANRB adalah Taspen One Hour Online Service (TOOS).

TOOS adalah layanan satu pintu yang memungkinkan peserta untuk melakukan pengajuan klaim dan nonklaim dari mana saja, tanpa harus datang ke kantor Taspen. Dengan waktu penyelesaian maksimal satu jam, setelah dokumen dinyatakan lengkap.

Layanan ini menjadi solusi praktis bagi peserta yang membutuhkan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses layanan Taspen, khususnya di era digital yang serba cepat.Jumlah pengguna TOSS mengalami peningkatan tahunan sebesar 87,6% dalam periode 2020 hingga 2023. Pada tahun 2024, seluruh klaim diproses 100% melalui TOOS.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)