alexametrics

Kejar Rasio Elektrifikasi 100% di 2020, PLN Listriki 8 Desa di Kabupaten Majene

loading...
Kejar Rasio Elektrifikasi 100% di 2020, PLN Listriki 8 Desa di Kabupaten Majene
Melalui program Listrik Desa (Lisa), PLN melistriki delapan desa di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - PLN terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi dengan melistriki seluruh wilayah hingga ke pelosok negeri. Jelang berakhirnya tahun 2019, melalui program Listrik Desa (Lisa), PLN berhasil melistriki delapan desa di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Adapun delapan desa yang berhasil dilistriki yaitu Desa Paminggalan dan Desa Limboro di Kecamatan Sendana, Desa Banua Adolang dan Desa Betteng di Kecamatan Pamboang, serta Desa Panggalo, Desa Tandeallo, Desa Ulumanda, dan Desa Popenga di Kecamatan Ulumanda.

"Dengan masuknya listrik, tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan," tutur Bupati Majene Fahmi Massiara dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/12/2019).



Untuk melistriki 775 kepala keluarga yang ada di delapan desa tersebut, PLN membangun infrastruktur Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 62,03 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 19,86 kms dan 18 buah gardu distribusi.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mamuju Setiyawan mengatakan, tantangan terbesar yang dihadapi PLN dalam pembangunan jaringan listrik ini adalah akses jalan yang rusak ditambah medan yang terjal.

"Akses jalan cukup rusak, ditambah medannya pun sulit, ini menjadi tantangan. Tetapi itu bukan halangan bagi kami untuk dapat melistriki masyarakat di delapan desa yang ada. Kami ingin hidup masyarakat lebih mudah dan anak-anak dapat belajar lebih semangat pada malam hari," ucap Setiyawan.

Hingga akhir tahun 2019, rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Barat telah mencapai 81,51%. Melalui program Lisa, ditargetkan rasio elektrifikasi dapat mencapai 100% pada tahun 2020.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak