alexametrics

Angkasa Pura II Beberkan Penyebab Penurunan Jumlah Penumpang 2019

loading...
Angkasa Pura II Beberkan Penyebab Penurunan Jumlah Penumpang 2019
Suasana terminal 3 Bandara Soekarno Hatta yang dikelola Angkasa Pura II. Foto/Ilustrasi
A+ A-
TANGERANG - Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (AP/Persero) Muhammad Awaluddin membeberkan penyebab turunnya jumlah penumpang pesawat pada bandara-bandara kelolaannya dalam setahun terakhir.

Menurut dia, selain kenaikan tarif tiket pesawat domestik dan kargo udara, penurunan jumlah penumpang juga dipengaruhi ketersediaan angkutan moda sudah lebih beragam.

“Terutama sejak ada jalan tol yang dari Jawa hingga Sumatera sudah tersambung ya. Kemudian ada kereta cepat yang sebentar lagi akan beroperasi. Jadi saya kita faktornya bukan cuma ada pada tiket pesawat saja, namun pilihan untuk angkutan moda transportasi massal kini lebih banyak,” ungkapnya pada media ekspose di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, Minggu (22/12/2019).



AP II memprediksi pergerakan penumpang pada 16 bandara yang dikelolanya mengalami penurunan hingga akhir tahun 2019 yakni sebanyak 90,5 juta penumpang. Jumlah ini menurun 18,5% dari tahun sebelumnya yang mencapai 112,6 juta penumpang.

Adapun rinciannya adalah untuk Bandara Sultan Iskandar Muda mengalami penurunan dari 1,27 juta di 2018 turun menjadi 1,14 juta penumpang saja di 2019. Sementara untuk Bandara Kualanamu Medan turun cukup drastis dari 10,45 juta penumpang di 2018 menjadi 7,54 juta penumpang di 2019.

Sedangkan dua bandara di Jakarta masing-masing Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma juga mengalami penurunan. Bandara Soekarno Hatta turun dari 65,66 juta penumpang menjadi 54,02 juta penumpang. Sedangkan Halim Perdanakusuma dari 7,44 juta penumpang menjadi 6,09 juta penumpang.

“Tapi kami tetap optimis untuk menambah revenue yang lain. Yang mana kami kini tidak hanya melihat keuntungan di sektor Aero saja namun lebih ke non Aero,” pungkas Awaluddin.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak