alexametrics

Pelni Maksimalkan Pelayanan di Masa Mudik Natal dan Tahun Baru

loading...
Pelni Maksimalkan Pelayanan di Masa Mudik Natal dan Tahun Baru
Kepala Kesekretariatan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni/Persero) Yahya Kuncoro. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni/Persero) menyatakan akan memaksimalkan sumber daya yang ada untuk mengawal kelancaran angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Kepala Kesekretariatan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, sebanyak lima pelabuhan yang kerap paling banyak penumpangnya telah siap, yakni Makassar, Ambon, Jayapura, Sorong, dan Batam. "Jumlahnya paling tinggi rata-rata penumpang dari dan ke Indonesia Timur," ujar Yahya di Jakarta, Selasa (24/12/2019).

Karena itu, Pelni telah melakukan rerouting armada dalam rangka memberikan pelayanan terbaik pada masa angkutan Nataru. Misalnya saja rute Ambon-Papua yang ditambah frekuensinya. Rerouting tahun ini dilaksanakan pada 15 rute atau bertambah dari sebelumnya 13 rute.
Di wilayah Indonesia Timur, secara khusus disiapkan 11 armada kapal, Indonesia Tengah 10, dan Indonesia Barat, disiapkan lima kapal.



Dia menambahkan, secara persentase jumlah penumpang di Wilayah Barat pada angkutan Nataru sebanyak 20%, Wilayah Tengah 38% dan Wilayah Timur 42%.

"Kita sudah persiapkan mulai dari docking kapal yang sudah rampung sebelumnya dan alhamdulillah sampai hari ini masih berjalan lancar," ucapnya.

Sepanjang tahun ini Pelni memprediksi bisa merealisasikan jumlah penumpang yang diangkut mencapai 4,3 juta orang. Jumlah itu naik 36,5% dibanding tahun lalu sebanyak 3,15 juta orang. "Termasuk di masa Natal ini, kalau dirata-ratakan tingkat keterisiannya mencapai 81%," pungkasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak