Sinar Mas Land Kembangkan Digitalisasi di Bidang Properti

Kamis, 26 Desember 2019 - 08:37 WIB
Sinar Mas Land Kembangkan Digitalisasi di Bidang Properti
Sinar Mas Land Kembangkan Digitalisasi di Bidang Properti
A A A
JAKARTA - Keberadaan kota cerdas yang memanfaatkan teknologi digital (smart digital city) nampaknya tengah melanda Indonesia. Konsep ini merujuk pada kota-kota yang memiliki daya saing tinggi dan menjadi magnet untuk modal dan tenaga kerja produktif.

Salah satu pengembang yang tengah lama mengembangkan konsep digital dalam bidang properti adalah Sinar Mas Land yang telah menjadikan BSD City sebagai kota pintar dengan pengembangan digitalisasinya yang luar biasa. Adanya transformasi digital dalam aspek pengembangan di bidang properti dirasa penting untuk lebih memajukan pengembangan kota tersebut dan memberikan fasilitas nyaman untuk para penghuninya.

CEO Technology Business Sinar Mas Land, Irvan Yasni ?mengatakan, tren digitalisasi saat ini memang tengah marak di kalangan masyarakat urban, termasuk dalam memilih hunian. Tentunya mereka lebih menginginkan hunian yang terintegrasi dengan jaringan yang mumpuni.

“Lewat inovasi yang berkualitas dan menawarkan banyak kemudahan bagi pelanggan, dan sistem perkotaan yang cerdas akan memberikan banyak manfaat besar pula untuk para pengembang,” tutur Irvan. Dalam pengembangannya Sinar Mas Land pun banyak menggunakan beberapa teknologi terbaik untuk mendukung fasilitas digitalisasi tersebut.

Salah satunya menjalin kerja sama dengan Microsoft sebagai aplikasinya. Diharapkan fasilitas digitalisasi ini akan mengurangi resiko kemacetan yang terjadi di BSD City. “Saat ini fokus kami tengah memberikan pelayanan terbaik untuk para penghuni agar terbebas dari kemacetan. Salah satunya dengan memberikan informasi terkini atau mengatur pola lalu lintas lewat rekayasa lalu lintas,” jelasnya.

Untuk lebih memudahkan aktivitas para penghuninya, Irvan pun mengatakan, akan memanfaatkan teknologi seperti artificial intelligence (AI), internet of things (IOT) dan big data. Irvan pun menambahkan, tentunya sistem digital ini bagaikan hal baru bagi para penghuni dan juga pengembang Sinar Mas Land yang terus memberikan inovasi untuk tren hunian modern.

Seperti sistem keamanan yang canggih, sumber energi yang ramah lingkungan, akses internet dengan kecepatan hingga 1GB di area publik, hingga penggunaan CCTV pintar. Meski menawarkan kemudahan lewat transformasi digital, Irvan mengaku tidak merasa takut bila konsep Smart City dari Sinar Mas Land ini banyak ditiru oleh para pengembang lain.

“Tidak masalah jika banyak pengembang lain yang juga ingin membangun kota pintar. Mereka mau meniru konsep kita pun tidak masalah, kita punya ciri khas tersendiri,” jelasnya. Irvan menambahkan, kita memiliki skala proyek yang besar dan strategi yang matang sehingga sulit untuk disamakan dengan pengembang yang lain.

Selain itu, Sinar Mas Land tengah mengembangkan smart home (rumah pintar) di mana fitur yang ada dalam rumah ini mampu diakses dengan mudah hanya dengan ponsel. “Saat ini kita tengah mengembangkan pula proyek digital hub yaitu kawasan bisnis dan komersial yang dibangun di atas lahan seluas 26 hektare di BSD City,” tutur Irvan.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5413 seconds (0.1#10.140)