Bandara Soekarno-Hatta Layani 21 Penerbangan Pengalihan dari Halim

Rabu, 01 Januari 2020 - 19:55 WIB
Bandara Soekarno-Hatta Layani 21 Penerbangan Pengalihan dari Halim
Bandara Soekarno-Hatta Layani 21 Penerbangan Pengalihan dari Halim
A A A
JAKARTA - Bandara Soekarno Hatta melayani sebanyak 21 penerbangan akibat penutupan Bandara Halim Perdanakusuma yang digenangi air karena hujan deras. Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, seluruh personel operasional dan pelayanan di sisi udara dan sisi darat siap mengakomodir penerbangan yang dialihkan itu.

"Kapasitas di Soekarno-Hatta masih tersedia untuk melayani penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma. Di Soekarno-Hatta terdapat berbagai fasilitas dan prosedur untuk mendukung hal tersebut, kami siap agar penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma dapat tetap beroperasi normal melayani masyarakat," ujar Agus Haryadi di Jakarta, Rabu (1/1/2020).

Adapun total terdapat 21 rute penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta, diantaranya dari dan ke Kualanamu, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Palembang, Solo, Malang, Jambi, Semarang, Lampung, Silangit, Belitung, Padang, Balikpapan, Ambon, Lombok, Kupang, Pekanbaru, Bengkulu, Batam, dan Tasikmalaya.

Dari rute-rute tersebut, pada hari ini terdapat 71 kedatangan penerbangan yang dialihkan ke Soekarno-Hatta dari Halim Perdanakusuma. "Soekarno-Hatta adalah bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, dan siap mendukung bandara mana pun terkait dengan operasional penerbangan demi tetap memberikan pelayanan penerbangan yang aman bagi masyarakat," ujar Agus Haryadi.

Sementara itu di Halim Perdanakusuma saat ini PT Angkasa Pura II tengah melakukan upaya normalisasi runway. Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Nandang Sukarna mengatakaan saat ini runway tengah dalam proses pengeringan dan pembersihan serpihan benda asing atau foreign object damage (FOD).

"Yang jelas, runway tidak akan dioperasikan apabila belum memenuhi prosedur dan safety level yang telah ditentukan. Kami sudah berkoordinasi dengan maskapai agar seluruh penerbangan dialihkan ke Soekarno-Hatta," ujar Nandang Sukarna. Pihaknya juga menyediakan bus gratis dari Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta bagi penumpang pesawat yang sudah terlanjur tiba di Halim Perdanakusuma.

Adapun maskapai yang beroperasi di Halim Perdanakusuma adalah Lion Air, Batik Air dan Citilink untuk sejumlah rute tujuan. PT Angkasa Pura II mengimbau kepada penumpang pesawat agar memperhatikan informasi terbaru terkait dengan peralihan penerbangan dari Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta.

Hujan deras dan cuaca buruk yang melanda Jakarta dan sekitarnya membuat Citilink terpaksa membatalkan sejumlah 25 penerbangan dan mengalihkan beberapa penerbangan lainnya pada Rabu, 1 Januari 2020. Hal ini kami lakukan atas pertimbangan keselamatan dan keamanan operasional penerbangan.

Adapun penerbangan dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma yang terdampak pada hari 1 Januari 2020 hingga saat ini adalah penerbangan dengan detail rute sebagai berikut:

1. QG 010 Jakarta (Halim Perdanakusuma) - Medan
2. QG 011 Medan - Jakarta (Halim Perdanakusuma)
3. QG 120 Jakarta (Halim Perdanakusuma) - Solo
4. QG 121 Solo - Jakarta (Halim Perdanakusuma)
5. QG 160 Jakarta (Halim Perdanakusuma) - Malang
6. QG 161 Malang - Jakarta (Halim Perdanakusuma)
7. QG 2010 Jakarta (Halim Perdanakusuma) - Silangit
8. QG 2011 Silangit - Jakarta (Halim Perdanakusuma)
9. QG 140 Jakarta (Halim Perdanakusuma) – Semarang
10. QG 141 Semarang - Jakarta (Halim Perdanakusuma
11. QG 192 Jakarta (Halim Perdanakusuma) – Denpasar
12. QG 195 Denpasar - Jakarta (Halim Perdanakusuma
13. QG 100 Jakarta (Halim Perdanakusuma) - Yogyakarta
14. QG 101 Yogyakarta - Jakarta (Halim Perdanakusuma)
15. QG 122 Jakarta (Halim Perdanakusuma) - Solo
16. QG 123 Solo - Jakarta (Halim Perdanakusuma)
17. QG 142 Jakarta (Halim Perdanakusuma) – Semarang
18. QG 143 Semarang - Jakarta (Halim Perdanakusuma
19. QG 144 Jakarta (Halim Perdanakusuma) – Semarang
20. QG 145 Semarang - Jakarta (Halim Perdanakusuma
21. QG 132 Jakarta (Halim Perdanakusuma) – Kulonprogo
22. QG 143 Kulonprogo - Jakarta (Halim Perdanakusuma
22. QG 7994 Bandung - Jakarta (Halim Perdanakusuma)
23. QG 7995 Jakarta (Halim Perdanakusuma - Bandung
24. QG 020 Jakarta (Halim Perdanakusuma) - Silangit
25. QG 141 Silangit- Jakarta (Halim Perdanakusuma

Total terdapat 32 penerbangan lainnya dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma yang dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng diantaranya dengan destinasi Yogyakarta, Solo, Surabaya, Padang, Palembang, Denpasar.

"Bagi penumpang yang penerbangannya terdampak, Citilink menyediakan opsi reschedule (penjadwalan ulang) atau refund (pengembalian uang tiket) sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata VP Corporate Secretary Citilink, Resty Maya.

Citilink juga terus memantau situasi terkait dengan perkembangan cuaca dan intensitas hujan, serta berkoordinasi secara intensif baik di internal maupun dengan instansi terkait dalam mewaspadai dampak cuaca buruk tersebut terhadap operasional penerbangan.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5125 seconds (0.1#10.140)