alexametrics

Orang Terkaya Asia Bersiap Saingi Raksasa E-commerce Amazon

loading...
Orang Terkaya Asia Bersiap Saingi Raksasa E-commerce Amazon
Pria terkaya di Asia, Mukesh Ambani telah meluncurkan platform e-commerce sendiri untuk bersaing dengan Amazon dan Flipkart milik Walmart di India. Foto/Reuters
A+ A-
NEW DELHI - Pria terkaya di Asia, Mukesh Ambani telah meluncurkan platform e-commerce sendiri untuk bersaing dengan Amazon dan Flipkart milik Walmart di India. Ambani yang merupakan CEO Reliance Industries mengajak semua pihak mulai dari toko-toko kecil hingga minimarket untuk bergabung dengan layanan pengiriman online miliknya.

Dua anak usaha dari kerajaan bisnis milik Ambani yakni Reliance Retail dan Reliance Jio telah meluncurkan unit usaha baru yang diberi nama JioMart. Seperti dilansir BBC, Kamis (2/1/2019) Perusahaan tersebut bertujuan memanfaatkan basis pengguna smartphone yang semakin besar sebagai batu loncatan dalam bisnisnya.

Saat ini ada 500 juta pengguna internet dan e-commerce di India dan jumlahnya tumbuh 30% setahun. Hal itu, menurut Morgan Stanley akan menjadikan ritel online di India sebagai peluang bisnis bernilai USD200 miliar pada tahun 2027.



E-commerce baru milik Ambani disebut bisa menjadi penantang utama bagi raksasa ritel online yang ada di India. JioMart diterangkan, bakal menawarkan "pengiriman gratis dan ekspres" untuk produk grosir yang saat ini ada 50.000 item.

Tidak seperti pesaingnya, JioMart akan menghubungkan toko lokal ke pelanggan melalui aplikasi daripada menyediakan dan mengantarkan barang itu sendiri. Pasar online bahan makanan di India saat ini sedang mengalami pertumbuhan, yang diperkirakan nilainya mencapai USD870 juta secara tahunan dengan baru 0,15% menggunakan layanan tersebut dari populasi India.

Namun analis memprediksi sektor tersebut dapat meningkatkan penjualan secara tahunan hingga sekitar USD14,5 miliar pada tahun 2023. Pasar e-commerce India saat ini didominasi oleh Amazon dan Flipkart yang dimiliki oleh Walmart.

Akan tetapi kedua perusahaan itu mengalami kemunduran tahun lalu ketika pemerintah India memperkenalkan hukum baru yang membatasi perusahaan ritel online Asing dalam penjualan. Hal ini membantu perusahaan India yang tidak terpengaruh oleh aturan baru untuk bisa bersaing dengan rival asing.

Ambani yang merupakan Chairman Reliance Industries diperkirakan memiliki kekayaan lebih dari USD60 miliar. Bisnis inti dari grup perusahaan miliknya bergerak dalam bidang penyulingan minyak, tetapi juga memiliki investasi besar di sektor lain termasuk ritel dan Telecoms.

Reliance Retail memiliki jaringan toko ritel di India yang menjual berbagai brand global termasuk Hugo Boss dan Burberry, dan pada 2019 baru saja membeli toko mainan Inggris yakni Hamleys. Sedangkan Reliance Jio adalah operator telekomunikasi terbesar kedua di India, dengan lebih dari 360.000.000 pengguna.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak