Menko Luhut Sebut Normalisasi Kali Ciliwung Penting

Sabtu, 04 Januari 2020 - 00:31 WIB
Menko Luhut Sebut Normalisasi Kali Ciliwung Penting
Menko Luhut Sebut Normalisasi Kali Ciliwung Penting
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bakal bekerja sama dengan pemerintah pusat dan pemprov DKI Jakarta terkait penanganan banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya.

Dia mencontohkan proses di hulu memang harus diperbaiki secara keseluruhan. Salah satunya pembangunan normalisasi Kali Ciliwung bahkan pembangunan untuk aliran sodetan-sodetan di beberapa sungai.

"Cuma air itu kan lewat, kalau di tengah terhambat mana bisa lewat, maka harus dibersihkan. Lalu sodetan itu juga harus dibebaskan lahannya itu yang 600 meter biar jalan," ujar Luhut di Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Dia pun melanjutkan dengan pembebasan lahan sendiri, agar Pemrov DKI Jakarta mengambil sikap tegas. Sebab apabila hal itu tidak dilakukan maka percuma banjir akan terulang kembali.

"Nah itu tadi harus ada keberanian juga, kalau nggak mau ada pergeseran ya banjir seperti ini. Kan dulu nggak ada itu, sekarang ada jadi sempit. Air susah ngalir, ya meluap. Itu kan logika," jelasnya.

Menurut dia, persoalan banjir ini harus disikapi secara bijak dan diselesaikan secara bersama. "Saya tadi sudah koordinasi, jangan salah-salahan lah," tandasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6836 seconds (0.1#10.140)