alexametrics

Pemerintah Targetkan KEK Likupang Jadi Tuan Rumah KTT G20

loading...
Pemerintah Targetkan KEK Likupang Jadi Tuan Rumah KTT G20
Pemerintah targetkan KEK Likupang menjadi tuan rumah KTT G20 pada 2023. Foto/Dok.
A+ A-
MANADO - Pemerintah meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Peresmian ini ditandai dengan penyerahan salinan Peraturan Pemerintah (PP) No 84 tentang KEK Pariwisata Likupang oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dengan diresmikannya KEK Likupang, pemerintah menargetkan Likupang dapat menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi tingkat tinggi kelompok 20 negara-negara ekonomi utama (G20) di tahun 2030.

"Pemerintah pusat dan Pemprov Sulawesi Utara bersama-sama mendorong KEK Likupang menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT G20 tahun 2023. Dan itu perlu usaha luar biasa," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono, Senin (6/1/2020).



Menurut dia, nilai investasi untuk KEK Likupang mencapai Rp7,1 triliun, yang akan dilakukan secara bertahap. Nantinya, kawasan ini akan dikembangkan dalam tiga tahap.

Pada pembangunan tahap pertama akan berdiri resor, area komersial, danau, desa budaya, dan ruang terbuka hijau. Untuk tahap ini dibangun kawasan seluasa 92,89 hektar.

PT Minahasa Permai Resort Development (MPRD), anak perusahaan Sintesa Group, akan mengembangkan resor, akomodasi, hiburan, dan pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (MICE) di KEK tersebut.

Paquita Wijaya selaku operator KEK Likupang dari MPRD mengatakan kalau investor asing dan nasioanl sudah mulai membangun di Likupang, dengan anggaran ratusan miliar rupiah. "Targetnya tahun 2023 sudah bisa running," ujarnya dalam presentasi.

Sedangkan, di luar area KEK akan dikembangkan pula Wallace Conservation Center dan yacht marina. Total tenaga kerja yang akan terserap ditargetkan sebanyak 65.300 orang.

Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara bidang Pariwisata, Dino Gobel, mengatakan KEK Likupang akan menyerap banyak tenaga kerja dan menargetkan wisatawan lokal dan internasional, dan akan memberi dampak ke wilayah lainnya seperti Bolmong Raya, Sitaro, Sangihe dan Talaud.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Henry Kaitjily, menambahkan KEK Likupang akan memberi banyak manfaat bagi masyarakat dan memajukan Provinsi Sulawesi Utara. Sehingga pihaknya mendukung upaya Gubernur Sulut Olly Dondokambey agar KEK Likupang dapat menjadi tuan rumah KTT G20.

Indonesia telah mengajukan diri menjadi tuan rumah pertemuan G20, yang merupakan forum pemimpin negara-negara dengan porsi ekonomi terbesar dunia pada 2023. Terakhir, pertemuan G20 dilaksanakan di Osaka, Jepang pada 2019.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak