alexametrics

Waspadai Gejolak AS-Iran, Sri Mulyani Akan Buat Skenario Ekonomi

loading...
Waspadai Gejolak AS-Iran, Sri Mulyani Akan Buat Skenario Ekonomi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah terus mewaspadai gejolak ekonomi global akibat geopolitik. Karena hal tersebut bisa berdampak terhadap perekonomian nasional.

Sri Mulyani berikhtiar membuat skenario ekonomi untuk menguatkan perekonomian Indonesia ditengah memanasnya tensi politik Amerika Serikat dan Iran.

"Kami mewaspadai gejolak AS dan Iran, karena itu kita akan membuat skenario (ekonomi) untuk selalu menjaga APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara)," ujar Sri Mulyani di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (7/1/2020).



Namun, Sri Mulyani belum bisa menghitung seberapa besar dampak dari ketegangan AS dan Iran terhadap ekonomi Indonesia, terutama kinerja APBN. Kementerian Keuangan akan menjaga kinerja APBN dari dampak ekonomi global.

"Kita selalu menjaga APBN, sama seperti waktu 2018. Itu juga ada gejolak yang cukup tinggi. Tahun 2019 juga gejolak tinggi. Kita akan jaga, selama APBN tetap menjalankan fungsi sebagai instrumen yang efektif dan kredibel," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku santai menghadapi ketegangan hubungan AS dan Iran yang dikhawatirkan dapat memicu konflik yang lebih besar di Timur Tengah.

Luhut meyakini, ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat itu tidak akan berdampak terhadap aliran investasi asing ke Indonesia. "Enggak. Di sana tegang-tegang, kita di sini rileks saja," ujar Luhut.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak