alexametrics

Natuna Tegang, Urusan Investasi dengan China Tetap Normal

loading...
Natuna Tegang, Urusan Investasi dengan China Tetap Normal
BKPM menegaskan hubungan investasi dengan China tetap normal tak terpengaruh isu Natuna. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menegaskan, hubungan kerja sama investasi antara Indonesia dan China tetap berlangsung normal seperti biasa kendati ada ketegangan antara kedua negara terkait klaim wilayah di perairan Natuna.

"Investasi normal-normal saja. Tidak ada pengaruh apa-apa. Sesuai arahan kepala BKPM, kita tetap layani investor dengan profesional dan sebaik-baiknya," ujar Anggota Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Sebagai contoh, kata dia, hari ini kepala BKPM memberikan sambutan penutup pada acara Forum Bisnis RRT dengan Tema China Business Forum-Enhancing The Power of Indonesia Capital Market di Main Hall Gedung Bursa Efek.



Rizal mengatakan, untuk urusan kedaulatan negara dan politik sudah ada kementerian yang menanganinya. "BKPM hanya bertugas menangani masalah investasi. Biarkan semua berjalan proporsional dan profesional. Ini arahan kepala BKPM. Hubungan investasi kedua negara tetap berjalan sesuai kaidah-kaidah aturan investasi dan bisnis kedua negara," paparnya.

Rizal mencontohkan, secara diplomatik hubungan Taiwan dan China jauh lebih tegang. Namun, investor Taiwan tetap saja menjadikan China daratan sebagai tujuan utama investasinya. "BKPM mengajak semua pihak berpikir dan bertindak proporsional dan profesional dalam hal ini," pungkasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak