alexametrics

Budi Karya Sayangkan Angkutan Massal Kalah dengan Mobil Pribadi

loading...
Budi Karya Sayangkan Angkutan Massal Kalah dengan Mobil Pribadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyayangkan banyak warga Jakarta yang masih menggunakan mobil pribadi dibandingkan angkutan massal. Dan ini bukan hanya dalam keseharian, termasuk libur hari raya. Terlihat dari banyaknya pengguna angkutan pribadi saat mudik Natal dan Tahun Baru 2020 dibanding menggunakan angkutan massal.

Karena itu, Budi Karya mengatakan persoalan penggunaan angkutan massal menjadi pekerjaan rumah (PR) yang perlu dituntaskan.

"Ya ini PR kita, untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas angkutan massal," kata Menhub Budi di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jumat (10/1/2020).



Dia mengungkapkan penyebab banyak yang menggunakan mobil pribadi saat mudik Nataru, karena saat ini banyak ruas tol baru yang sudah beroperasi. Ini menjadi salah satu faktor yang membuat angkutan massal kalah bersaing dari kendaraan pribadi.

"Di satu sisi, jalan tol memang harus digunakan tapi kalau bisa menggunakan

angkutan massal. Angkutan massal akan menarik kalau prosesnya itu mudah, dari kota ke kota, dan itu harus nyaman," jelasnya.

Untuk itu, Budi Karya berikhtiar Kemenhub akan terus meningkatkan kualitas transportasi massal. Dan pihaknya akan terus meninjau layanan yang diberikan oleh angkutan massal.

"Makanya, berulangkali saya ke Pulo Gebang, disana itu untuk memantau apa mereka nyaman. Kalau mereka nyaman, mereka pasti akan datang ke sana. Tiket juga harus mudah, termasuk online. Saya cerewet soal itu karena yang dirasakan oleh masyarakat harus baik, kalau tidak baik menjadi masalah," jelasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak