Kontribusi PLTU bagi Perekonomian Daerah

Senin, 13 Januari 2020 - 14:48 WIB
Kontribusi PLTU bagi Perekonomian Daerah
Kontribusi PLTU bagi Perekonomian Daerah
A A A
SEMARANG - Pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) tak hanya memperkuat jaringan kebutuhan energi listrik, namun juga memberi harapan kepada masyarakat sekitar bahwa keberadaannya dapat turut mendongkrak perekonomian warga sekitar. Ini terungkap dari hasil focus group discussion (FGD) bersama para kader kesehatan di tiga kota.

Geliat ekonomi di kawasan Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, diakui para informan FGD semakin bergeliat setelah hadirnya PLTU. Apalagi setelah pada 2014, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan kawasan Tambak Lorok sebagai kampung bahari. Hal ini memberi angin segar bagi warga setempat akan peluang peningkatan kesejahteraan warga di lingkungan ini secara khusus, dan kota Semarang secara umum. “Kawasan tambak Lorok sekarang sudah jauh lebih tertata. Semoga bisa memberi dampak positif nantinya bagi warga,“ kata kader Semarang.
Kontribusi PLTU bagi Perekonomian Daerah

Sementara untuk wilayah Cirebon, para informan memiliki pendapat yang lebih beragam. Masyarakat di lokasi yang berdekatan langsung dengan area kerja PLTU banyak menerima manfaat dengan adanya dukungan PLTU terhadap kegiatan kemasyarakatan, pendidikan, serta pengadaan air bersih.

Mereka juga diuntungkan dengan terbukanya peluang ekonomi berupa lapangan pekerjaan di PLTU serta peluang membuka usaha bidang jasa seperti kos-kosan serta kuliner.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6013 seconds (0.1#10.140)