alexametrics

Kepercayaan Investor Harus Dijaga, Tindak Tegas Pengganggu Pasar Modal

loading...
Kepercayaan Investor Harus Dijaga, Tindak Tegas Pengganggu Pasar Modal
Talkshow Time to Invest: This Decade Belongs to Asia di Jakarta. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Ketua Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI), Suheri, melihat sebenarnya masalah investasi di Indonesia terkait dengan trust atau kepercayaan investor.

"Saya lihat situasi saat ini, di Indonesia, terutama dalam investasi, sebenarnya enggak ada masalah tapi satu yang penting, soal trust investor," ujar Suheri dalam Talkshow "Time to Invest: This Decade Belongs to Asia" di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Ia mengatakan bahwa kepercayaan ini penting, terlebih terhadap pasar modal dan pengawas pasar modal.



"Misalkan penjual, dia harus menjual barang bagus, kalau barangnya ternyata tidak bagus, pembelinya pasti kecewa. Kalau trust terganggu, ini juga menyulitkan investor," lanjut Suheri.

Ia mengatakan bahwa para investor butuh pendamping untuk menyeimbangkan informasi yang mereka peroleh.

"Banyak faktor yang mengganggu investor untuk berinvestasi, yang saya takutkan, kalau anak-anak muda, khususnya milenial yang baru saja berinvestasi reksadana, terus terjadi kasus seperti yang sedang panas ini? Kejebak sekali, tidak mau lagi," tegas Suheri.

Ia mengatakan bahwa dirinya sudah mencium bau goreng-gorengan saham sejak setahun lalu, dan tak lama kemudian ternyata kasus PT Asuransi Jiwasraya terkuak.

"Penegakan hukum kita enggak jelas, kalau perlu pelakunya enggak usah main di pasar modal seumur hidup. Sekali anda beri mereka kesempatan, mereka akan kembali berbuat, enggak usah jauh-jauh, saya sebut nama saja seperti Benny Tjokro," terang Suheri.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak