alexametrics

Teten Ingin Manfaatkan Aset BUMN yang Tidak Berfungsi untuk UMKM

loading...
Teten Ingin Manfaatkan Aset BUMN yang Tidak Berfungsi untuk UMKM
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki. Foto/Dok.
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki, berencana memanfaatkan aset-aset milik perusahaan BUMN yang tidak berfungsi sebagai sarana bisnis UMKM.

Untuk itu, Teten mengatakan akan berkoordinasi dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, mengenai pemanfaatan lahan atau gedung BUMN yang tidak berfungsi sebagai marketplace UMKM dalam upaya menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Kita akan memanfaatkan aset BUMN yang kurang produktif jadi marketplace untuk UMKM. Tapi kita ingin berbasis komoditas seperti konsep M Bloc Space," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/1/2020).



Teten mengatakan, banyak aset-aset BUMN yang bisa dikelola secara maksimal seperti M Bloc Space, misalnya aset milik PT Peruri, PT Kereta Api Indonesia, PT Pos Indonesia.

"Kita sudah lihat asetnya PT KAI, PT Pos yang bisa direfungsi lebih optimum gitu, banyak juga aset BUMN jadi market kita, gede kok," jelasnya. Program pengalihfungsian lahan ini telah masuk dalam strategi besar Kemenkop UKM untuk mendorong usaha sekala kecil dan menengah naik kelas.

Selain itu, Teten mengatakan bakal menggandeng M Bloc Space sebagai penghubung antara pelaku usaha dengan market demand. "M Bloc Space diminta menjadi marketplace dari produk-produk lokal maupun UMKM. M Bloc salah satu model bisnis yang baik dengan memanfaatkan aset milik negara untuk edukasi serta bisnis secara bersamaan," ujarnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak