alexametrics

Harga Minyak Naik Sambut Kesepakatan Dagang AS-China

loading...
Harga Minyak Naik Sambut Kesepakatan Dagang AS-China
Harga minyak naik merespon kesepakatan dagang AS dan China. Foto/Istimewa
A+ A-
TOKYO - Harga minyak dunia naik pada Kamis (16/1/2020), setelah penandatanganan kesepakatan perdagangan fase pertama Amerika Serikat dan China. Dalam kesepakatan itu, China setuju untuk membeli produk-produk energi asal AS.

Melansir dari Reuters, harga minyak Brent International lebih tinggi 45 sen atau 0,7% menjadi USD64,45 per barel pada pukul 03:10 GMT. Sementara itu, harga minyak mentah acuan AS, West Texas Intermediate naik 39 sen atau 0,7% ke level USD58,20 per barel.

Dalam kesepakatan fase pertama yang menandai gencatan senjata perang dagang dua negara ekonomi terbesar dunia itu, China berkomitmen membeli lebih dari USD50 miliar produk minyak, gas alam cair, dan produk energi dari AS selama dua tahun.



"Itu adalah penandatangan resmi atas sesuatu yang sudah disepakti dan ini tentu saja memberi sentimen terhadap harga minyak," kata Virendra Chauhan, analis minyak di Energy Aspects.

"Itu adalah penandatanganan resmi atas sesuatu yang sudah disepakati, tetapi hal itu tentu saja meningkatkan sentimen," kata Virendra Chauhan, analis minyak di Energy Aspects.

Kenaikan harga minyak juga karena data resmi AS menunjukkan terjadi penurunan persediaan minyak mentah. Data Energy Information Administration (EIA) sebuah agen dari Departemen Energi AS, menyatakan persediaan minyak mentah AS turun 2,5 juta barel. Namun, persediaan bensin naik 6,7 juta barel dan stok distilasi minyak naik 8,2 juta barel. Adapun produksi minyak mentah AS naik ke rekor tertinggi, 13 juta barel per hari.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak