alexametrics

Pamer Desain Ibu Kota Baru, Jokowi: Bukan Semata-mata Pindah lokasi

loading...
Pamer Desain Ibu Kota Baru, Jokowi: Bukan Semata-mata Pindah lokasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan desain ibu kota negara baru yang berlokasi di Kalimantan Timur, pada acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2020. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan desain ibu kota negara baru yang berlokasi di Kalimantan Timur, pada acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2020. Jokowi menunjukkan desain ibu kota dengan menayangkan sebuah video.

"Saya info sedikit saja terkait Ibu Kota baru, itu gambaran saja ibu kota baru itu seperti apa. Kalau 100% selesai perencanaannya akan saya sampaikan detailnya," kata Jokowi di Rizt Carlton, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Video tersebut menampilkan beberapa visual sudut pandang desain ibu kota baru secara landscape. Terdapat gambaran ibu kota dikelilingi banyak pepohonan hijau, sesuai dengan rencana pembangunan green city.



Namun, Ibu Kota baru juga nampak modern dengan adanya gedung-gedung tinggi pencakar langit. Jokowi bilang, nantinya seluruh moda transportasi di kota tersebut akan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan yakni tenaga listrik. "Selain tenaga listrik enggak boleh," kata Jokowi.

Menurutnya pemindahan Ibu Kota bukanlah semata-mata hanya memindahkan lokasi dan gedung-gedung pemerintahan, lebih dari itu. Dia bilang, pemindahan Ibu Kota adalah sebuah perubahan pola pikir, pola kerja, dan perubahan sistem yang semuanya baru. "Kita akan install sistem, sehingga semua mengikuti sistem yang ada, jangan berpikir kita akan memindahkan lokasi dan gedung, enggak seperti itu," paparnya.

Dalam kesempatan itu, selain ratusan pelaku industri jasa keuangan di Indonesia, hadir juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Selain itu hadir juga beberapa kepala daerah seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, hingga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwana X.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak