alexametrics

Pertumbuhan Kredit Perbankan Meningkat di Kuartal IV/2019

loading...
Pertumbuhan Kredit Perbankan Meningkat di Kuartal IV/2019
Survei perbankan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan pertumbuhan kuartalan kredit baru meningkat pada kuartal IV/2019. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Survei perbankan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan pertumbuhan kuartalan kredit baru meningkat pada kuartal IV/2019. Perkembangan tersebut tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) permintaan kredit baru pada kuartal IV/2019 sebesar 70,6%, lebih tinggi dibandingkan 68,3% pada kuartal sebelumnya namun lebih rendah dari 71,7% pada kuartal IV/2018.

"Berdasarkan jenis penggunaan, meningkatnya permintaan kredit baru bersumber dari kredit investasi dan kredit konsumsi," ujar Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjanarko di Jakarta, Kamis (16/1/2019).

Peningkatan kredit investasi dan konsumsi terindikasi dari kenaikan SBT permintaan kredit investasi dari 63,2% menjadi 70,3%, dan kredit konsumsi dari 45,9% menjadi 75,8%. Meningkatnya pertumbuhan kredit konsumsi bersumber dari meningkatnya pertumbuhan kredit kepemilikan rumah/apartemen, kredit kendaraan bermotor, dan kredit multiguna.



Sementara itu, pertumbuhan kuartalan (qtq) kredit modal kerja melambat, terindikasi dari penurunan SBT dari 65,8% menjadi 65%. Secara sektoral, sektor ekonomi yang mengalami pertumbuhan permintaan kredit baru pada kuartal IV/2019 antara lain pertanian, perburuan dan kehutanan, real estate, persewaan dan jasa perusahaan, dan sektor jasa pendidikan.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak