alexametrics

Transaksi Travel Kartu Kredit UOB Naik 30% di 2019

loading...
Transaksi Travel Kartu Kredit UOB Naik 30% di 2019
Acara peluncuran The Travel Insider di UOB Plaza, Jakarta, Senin (20/1/2020). Foto/SINDOnews/Inda Susanti
A+ A-
JAKARTA - PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) mencatatkan peningkatan 30% nilai transaksi kartu kredit untuk kategori perjalanan pada tahun 2019. Peningkatan ini seiring tren berlibur atau berwisata di kalangan masyarakat Indonesia yang terus meningkat.

Head of Cards and Payments UOB Indonesia, Dessy Masri mengatakan, kategori travel menjadi peluang yang besar bagi pertumbuhan bisnis kartu kredit. "Transaksi untuk perjalanan (travel) adalah salah satu kategori pengeluaran terbesar nasabah kartu kredit UOB Indonesia, dengan nominal transaksi meningkat 30% pada 2019. Kami juga melihat pertumbuhan sebesar 44% untuk nominal transaksi perjalanan secara online," ujarnya di sela peluncuran The Travel Insider di UOB Plaza, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Dia menuturkan, pada 2019 komposisi nilai transaksi travel adalah 13% dari total transaksi kartu kredit UOB, naik 1% dari tahun sebelumnya yang sebesar 12%. "Untuk transaksi yang nilainya triliunan, kenaikan 1% itu cukup tinggi," ucapnya.



Untuk tahun 2020, Dessy optimistis transaksi masih akan tumbuh dua digit. Terlebih, tahun ini diproyeksikan akan menjadi tahun yang semakin penuh eksplorasi wisata. Data Google Trends menyebut, dalam 18 bulan terakhir jumlah pencarian (search) terkait travel naik 39%, begitu pula pencarian hotel dan akomodasi naik 37%.

Guna menangkap potensi tersebut, UOB Indonesia meluncurkan The Travel Insider, marketplace online pertama yang dirancang oleh sebuah perbankan di Asia Tenggara. Marketplace ini yang menyediakan one-stop shop bagi nasabah untuk mencari, merencanakan, dan melakukan pemesanan liburan.

Pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2018, The Travel Insider merupakan hasil kolaborasi antara United Overseas Bank (UOB) dengan lebih dari 500 perusahaan terkemuka dari industri penerbangan, perhotelan dan perjalanan dalam memberikan pilihan destinasi.

Nasabah dapat dengan mudah mencari, merencanakan dan memesan perjalanan liburan dengan memberikan berbagai pilihan penerbangan, akomodasi yang kompetitif dan menarik.

Saat ini, The Travel Insider memiliki lebih dari 1.000 penawaran untuk pilihan perjalanan, belanja, dan tempat makan di Asia Tenggara, Jepang, Korea, Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Head of Personal Financial Services Singapore UOB Jacquelyn Tan mengatakan, UOB memiliki 4 juta nasabah kartu kredit di berbagai negara dan akan terus berkembang ke depannya. "Dan ternyata spending untuk travel ini salah satu yang terbesar," tukasnya.

Pihaknya memahami bahwa perjalanan atau travel memegang peranan penting dalam kehidupan nasabah. Untuk itu, UOB menghadirkan The Travel Insider kepada pemegang kartu kredit dengan cakupan yang lebih luas, termasuk di Indonesia.

"Dengan ekspansi regional ini, UOB menjadi bank pertama di Asia Tenggara yang memiliki travel marketplace untuk kenyamanan nasabah dalam merencanakan liburan mereka," ucapnya.

Dalam mengembangkan The Travel Insider, UOB memilih berbagai tujuan wisata terbaik berdasarkan data pengeluaran kartu kredit UOB serta data yang berasal dari para mitra, Agoda, Booking.com, Expedia dan Singapore Airlines.

The Travel Insider terhubung melalui application programming interfaces (APIs) dalam memberikan jutaan pilihan hotel dan penerbangan terbaik dari Agoda, Expedia, Booking.com dan Singapore Airlines. Semuanya terpampang dalam satu laman thetravelinsider.co/id.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak