alexametrics

Rupiah Terpeleset di Awal Sesi Saat Yen Menanjak Iringi Kejatuhan Yuan

loading...
Rupiah Terpeleset di Awal Sesi Saat Yen Menanjak Iringi Kejatuhan Yuan
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan, Selasa (21/1/2020) dibuka terpeleset ke zona merah setelah mengalami tekanan sejak awal pekan kemarin. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan, Selasa (21/1/2020) dibuka terpeleset ke zona merah setelah mengalami tekanan sejak awal pekan kemarin. Hari kedua pekan ke empat Januari 2020, kurs rupiah sedikit tertahan saat Yen Jepang menanjak naik, sedangkan Yuan jatuh saat berhadapan dengan dolar AS.

Menurut kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah pagi ini merosot ke posisi Rp13.658/USD untuk kembali menyusut dan melanjutkan tren negatif. Rupiah memperlihatkan pelemahan terhadap faktor eksternal dari kemarin Rp13.654/USD.

Sementara posisi rupiah melihat data Bloomberg, pada perdagangan spot exchange turun tipis ke level Rp13.644 per USD untuk memperlihatkan masih fluktuatif dibandingkan dari sesi penutupan awal pekan, kemarin Rp13.639/USD. Rupiah hari ini bergerak di antara Rp13.642 sampai dengan Rp13.665/USD.



Berdasarkan data SINDOnews bersumber dari Limas menunjukkan rupiah pada sesi perdagangan pagi merayap untuk mencapai level lebih baik di Rp13.632/USD atau membaik dari sebelumnya Rp13.680/USD. Rupiah memperlihatkan mencoba melawan di tengah faktor eksternal yang masih penuh ketidakpastian.

Posisi rupiah berdasarkan data Yahoo Finance hari ini terlihat menanjak ke Rp13.625/USD. Raihan tersebut sedikit membaik dari sebelumnya Rp13.633/USD lewat pergerakan harian Rp13.625-Rp13.625/USD.

Di sisi lain seperti dilansir Reuters, Yen bergerak maju untuk mengiringi kejatuhan Yuan terhadap dolar AS pada perdagangan, Selasa. Hl ini seiring penyebaran virus pneumonia di China yang mempengaruhi minat investor terhadap aset berisiko.

Yen Jepang berangsur lebih tinggi 0,15% menjadi 110,01 per dolar pada hari Selasa. Sementara Yuan pada perdagangan onshore jatuh ke 6,8916 per dolar, tingkat terendah dalam hampir seminggu. Sedangkan untuk pasar offshore, Yuan juga turun ke 6,8886. Indeks dolar terhadap enam mata uang utama lainnya berdiri pada posisi 97,598 atau di dekat level tertinggi dalam sebulan.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak