Sri Mulyani: Masih Ada Ruang Peningkatan Kerja Sama Investasi RI-Slovakia

Kamis, 23 Januari 2020 - 12:11 WIB
Sri Mulyani: Masih Ada Ruang Peningkatan Kerja Sama Investasi RI-Slovakia
Sri Mulyani: Masih Ada Ruang Peningkatan Kerja Sama Investasi RI-Slovakia
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melihat ruang peningkatan kerja sama investasi antara Indonesia dan Slovakia, dimana kedua negara memiliki hubungan yang panjang dan ramah sejak pembentukan hubungan diplomatik pada Januari 1993. Hubungan bilateral kedua negara saling menguntungkan di setiap sektor seperti dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial-budaya.

"Saya yakin bahwa masih ada ruang bagi hubungan bilateral untuk terus tumbuh. Di sektor investasi, mengingat keahlian Slovakia dalam pertanian dan pengelolaan air, kami berharap dapat melihat lebih banyak kehadiran Anda di Indonesia. Kami juga ingin memanfaatkan dan mengembangkan kerja sama dengan industri terkemuka Anda khususnya dalam teknologi informasi, otomasi, dan internet-of-things," ujar Menkeu di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Dia pun melanjutkan hubungan orang-ke-orang adalah tulang punggung hubungan bilateral antara Indonesia dan Slovakia. Oleh karena itu, menurut Menkeu perlu ditingkatkan lebih banyak interaksi dengan cara pertukaran dosen dan mahasiswa, mengalokasikan lebih banyak beasiswa, dan mengembangkan skema pelatihan kejuruan.

"Saya percaya ini juga akan berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia sebagai salah satu prioritas Pemerintah Indonesia. Saya senang memiliki catatan bahwa siswa Slovakia berpartisipasi dalam program Darmasiswa atau Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia," jelasnya

Sri Mulyani juga mengemukakan, ingin kerjasama bilateral ini berdampak positif kepada Indonesia. "Mereka bisa berfungsi sebagai jembatan untuk mengatasi jarak geografis kita. Mereka pasti akan mendorong kerja sama bilateral kita lebih jauh ke depan. Sebagai catatan terakhir, mari kita bekerja bersama untuk kesejahteraan kedua bangsa dan bangsa kita," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9252 seconds (0.1#10.140)